Tuesday, July 16, 2013

kosakata,analogi dan sinonim

A. Kosakata
Jenis soal ini biasanya tuh kata2 serapan dari bahasa asing yg sering dipakai dalam tulisan, artikel, berita, jurnal, dll. Soal tipe ini tuh intinya kita disuruh mencari arti dari kata tersebut. Nih liat contoh dibawah…
Sooal 1. Aristokrasi
  1. a. Kelemahan
  2.  
  1. b. Model kekuasaan
  2.  
  1. c. Golongan
  2.  
  1. d. Pemerintahan
jawab: (B), model kekuasaan
lho ko bisa ka? ya bisa dong, nih kuncinya itu ada di kata krasi. Pasti inget dong pas belajar sejarah, PKN, sosiologi dan pelajaran IPS yg sejenis. Tahu demokrasi kan?  ”Krasi” itu dari bahasa yunani yg artinya “untuk memimpin”, jadi yg kira2 maknanya sama mana?

Soal 2.  Akreditasi
  1. a. Pengakuan
  2.  
  1. b. Layanan perbankan
  2.  
  1. c. Tingkat perguruan tinggi
  2.  
  1. d. Tidak dapat dicicil
jawab: (A), pengakuan
Kalo kata ini mah sudah sering didengarkan? yaps, biasanya ada di sekolah2 tuh. Misal sekolah x terakreditasi A, sekolah y B, dsb. Kalo dipikir yang paling pantes mana hayo? Bener banget yakni pengakuan.. icon biggrin Contoh soal TPA USM STAN 2013 dan cara mengerjakannya part 1

Soal 3. Embargo
a. Pembatasan perdagangan                       c. Perjanjian perdagangan
b. Pelarangan perdagangan                          d. Kerjasama perdagangan
jawab: (B), Pelarangan perdagangan.
Embargo itu kebijakan untuk melarang kegiatan perniagaan oleh sutau negara.  Di pelajaran IPS ada tuh, pasti sudah tahu alasannya. Sip dah…

B. Sinonim
Kalo jenis soal ini, yakni sinonim merupakan jenis soal yang meminta kita untuk mencari padanan kata. Cakupannya pun luas. Inget yah klo sinonim biasanya jawabannya juga cuma satu kata yg maknanya sama atau mirip.
Soal 1. BUDI
a. Akal                 b. Baik                   c. Daya                   d. Hemat
jawab: (A), Akal.
Menurut KBBI “budi” adalah suatu alat batin, paduan akal dan perasaan untuk menimbang baik dan buruk. So, yg paling tepat apa adek2??? Betul banget,, icon wink Contoh soal TPA USM STAN 2013 dan cara mengerjakannya part 1

Soal 2. BERDIKARI
a. Mandiri             b. Bersahaja                c. Bergantung                d. Maju bersama
Jawab: (A), Mandiri. Seperti kata bung Karno kita harus berdikari, berdiri di atas kaki sendiri. hehe… icon biggrin Contoh soal TPA USM STAN 2013 dan cara mengerjakannya part 1
Soal 3.  Imun
a. Minuman         b. Sayur                        c. Kebal                         d. Program
Jawab: (C), Kebal.
Nih klo anak2 kecil kan harus di imunisasi biar gak gampang sakit. Berarti imun itu berhubungan dengan kekebalan kan? So yg bener mana nih? Hebat… :3

C. Antonim
Tipe soal antonim merupakan tipe soal yg memeritahkan untuk mencari lawan kata dari kata tersebut. Jadi intinya tuh makna kata yang berlawanan. Seperti kanan vs kiri, baik vs buruk, panas vs dingin, dsb. Tapi jangan coba2 menjawab seperti ini yh, misal wangi vs tidak wangi, basah vs tidak basah, dsb. Hadeh… anak kecil juga tahu, hehe…
Soal 1. ELASTIS
a. Kaku                b. Lentur                       c. Plastis                          d. Fleksibel
Jawab: (A), Kaku.
Elastis itu lentur, fleksibel, mudah diregangkan. Seperti karet itu kan elastis, jadi lawan katanya apa?

Soal 2. OTOMATIS
a. Manual                b. Langsung               c. Perlahan                    d. Tradisional
Jawab: (A), manual.
Otomatis dong kita bisa jawab, hehe.. Otomatis itu secara langsung, tidak butuh proses yang bertele-tele. Jadi lawan katanya adalah manual.. icon smile Contoh soal TPA USM STAN 2013 dan cara mengerjakannya part 1

Soal 3. Canggih
a. kuno                 b.sederhana                  c. diam                            d. terlambat
Jawab: (B), sederhana.
Canggih itu dalam KBBI itu rumit, kompleks, jadi lawan katanya sederhana. Knpa gak kuno kak? klo kuno itu lebih cocok ke modern, jaman modern vs jaman kuno lebih cocok daripada jaman modern vs jaman sederhana. Iya kan? B)

D. Hubungan Kata (Analogi)
Wah kalo soal ini agak susah memang. Kita harus pinter2 membuat sebuah logika hubungan dari kata tersebut. Contohnya yah misalsepeda : pedal sama dengan rumah : pintu atau buku : pulpen? Ya lebih tepatnya rumah ; pintu lah. Kuncinya tuh kita buat kalimat penghubung. Kaya di atas, pedal adalah bagian dari sepeda. Jadi klo diterapkan ke pintu adalah bagian dari rumahdibandingkan dengan pulpen adalah bagian dari buku, mana yang lebih logis?
Selain menggunakan kalimat bantu perhatikan juga tata letak kata tersebut klo pilihan di atas dirubah jadi pintu : rumah dengancelana : saku, yang bener mana? ya yg celana : saku dong…
Soal 1. KULIT : KERINGAT
a. Ginjal : urin              b. Mata : air mata                c. Kepala : rambut                 d. Tangan : gelang
Jawab: (A), Ginjal : urin.
Misal kalimat penghubungnya adalah hasil ekskresi kulit adalah keringat. Terus kita terapin ke pilihan jawaban mana yg lebih tepat? Yaps, yg bener hasil ekskresi ginjal adalah urin.

Soal 2. Kijang : cepat
a. Bunga : merah               b. Siput : lambat                 c. Anjing : lari                    d. Serigala : kecil
Jawab: (B), Siput : lambat.
Kalimat bantunya kijang larinya cepat, siput larinya lambat. Oke? B)

Soal 3. Ulat : kepompong : kupu-kupu
a. Bayi : kanak-kanak : remaja                                               c. Kecil : sedang : besar
b. Pelukis : kuas : cat                                                                       d. Penari : topi : selendang

Jawab: (A), Bayi : kanak-kanak : remaja.

Masukan Emailmu Untuk Langganan Artikel Ecotax (Free):

Delivered by FeedBurner

No comments:

Post a Comment

Sebagai pengunjung blog yg baik jgn lupa y tinggalkan komentar, saran atau y itu gak usah dibilang agan2 semua tau kan, agar blog ini bisa terus memberikan informasi pada agan - agan semua.