Monday, September 22, 2014

Alasan Laporan Keuangan Perlu Diaudit


    Mungkin pernah muncul didalam pikiran kita Mengapa Laporan keuangan perlu diaudit ?
Pernah tidak melihat ibu hamil memeriksakan kandungannya kedokter agar dia tahu kondisi anak dalam kandungannya, sama halnya dengan keadaan tersebut dimana laporan keuangan perlu diaudit untuk memberikan informasi tentang perusahaan.


    Audit atas laporan keuangan terutama diperlukan oleh perusahaan yang berbentuk perseroan terbatas ( PT ).
Biasanya setahun sekali dalam rapat umum pemegang saham ( RUPS ) para pemegang saham akan meminta pertanggungjawaban manajemen perusahaan dalam bentuk laporan keuangan.
    Laporan keuangan yang merupakan tanggung jawab manajemen perlu diaudit oleh akuntan publik yang merupakan pihak ketiga yang independen, Karena :

a.       Jika tidak diaudit, ada kemungkin bahwa laporan keuangan tersebuot mengandung keselahan baik yang sengaja maupun yang tidak sengaja. Karena itu laporan keuangan yang belum diaudit kurang dipercaya kewajarannya oleh pihak – pihak yang berkepentingan terhadap laporan keuangan tersebut.
b.      Jika laporan keuangan telah diaudit dan mendapatkan opini Unqualified ( wajar tanpa pengecualian ) dari KAP ( Kantor Akuntan Publik ), berarti pengguna laporan keuangan bisa yakin bahwa laporan keuangan tersebut bebas dari salah saji yang material dan disajikan sesuai dengan prinsip akuntansi yang berlaku di indonesia yaitu PSAK.
c.       Sejak tahun 2001 perusahaan yang total asetnya Rp25 Miliar keats harus memasukkan audited financial statements-nya ke departemen Perdagangan dan perindustrian.
d.      Perusahaan yang go public harus memasukkan audited fiancial statement-nya ke Bapepam paling lambat 90 hari setelah tahun buku.
e.       SPT ynag didukung oleh audited financial statements lebih dipercaya oleh pihak pajak dibandingkan dengan yang didukung oleh laporan keuangan yang belum diaudit.

Masukan Emailmu Untuk Langganan Artikel Ecotax (Free):

Delivered by FeedBurner

No comments:

Post a Comment

Sebagai pengunjung blog yg baik jgn lupa y tinggalkan komentar, saran atau y itu gak usah dibilang agan2 semua tau kan, agar blog ini bisa terus memberikan informasi pada agan - agan semua.