Saturday, September 20, 2014

Perbedaan Auditing dan Akuntansi


  Beberapa hari yang lalu ada pengunjung blog ini bertanya apakah beda auditing dan akuntansi ?
Disini saya akan coba menjelaskannya kepada para sahabat ecotax/ pengunjung setia blog ini.
 Auditing itu mempunyai sifat analisis, dimana akuntan publik memulai pemeriksaan dari angka – angka dalam laporan keuangan, lalu dicocokkan dengan neraca saldo ( trial balance ), buku besar ( general ledger ), buku harian ( special journal ), bukti – bukti pembukuan ( documents ) dan sub buku besar ( sub – ledger ).

  Sedangkan Akuntansi mempunyai sifat konstruktif, karena disusun mulai dari bukti – bukti pembukuan sampai dengan laporan keuangan. Akuntansi dibuat oleh pegawai / orang dalam perusahaan yang mengetahui ilmu akuntansi dengan berpedoman pada standar akuntansi keuangan sedangkan auditing dilakukan oleh akuntan publik ( khususnya financial audit ) dengan berpedoman pada standar profesional akuntan publik , aturan etika IAI Kompartemen Akuntan Publik dan Standar Pengendalian Mutu. Perbedaan auditing dan akuntansi daat digambar seperti gambar dibawah ini :




Masukan Emailmu Untuk Langganan Artikel Ecotax (Free):

Delivered by FeedBurner

No comments:

Post a Comment

Sebagai pengunjung blog yg baik jgn lupa y tinggalkan komentar, saran atau y itu gak usah dibilang agan2 semua tau kan, agar blog ini bisa terus memberikan informasi pada agan - agan semua.