Monday, October 27, 2014

Pengujian Audit atas Kas Kecil

       Dalam pengujian kas kecil, auditor pertama kali menentukan prosedur klien dalam menangani dana. Hal ini dilakukan dengan mendiskusikan pengendalian internal bersama pemegang kas kecil dan memeriksa dokumen atas beberapa transaksi. Saat hasil penilaian resiko pengendalian adalah rendah dan hanya sedikit pengeluaran dilakukan selama tahun berjalan, biasanya auditor tidak akan melakukan pengajuan lebih lanjut karena tidak material.

      Ketika auditor menguji kas kecil, dua prosedur utamanya adalah menghitung saldo kas kecil dan melanjutkan dengan pengujian terperinci atas satu atau dua transaksi pengeluaran.
Prosedur utama harus meliputi :
a.       Menjumlahkan voucher pendukung kas kecil yang menunjukan jumlah pengeluaran.
b.      Memperhatikan urutan voucher kas kecil
c.       Memeriksa otorisasi dan pembatalan voucher kas kecil
d.      Memeriksa kewajaran dokumen pendukung, biasanya terdiri atas gulungan register kas, faktur dan bukti penerimaan.


      Pengujian kas kecil dapat dilakukan sewaktu – waktu selama tahun berjalan, tetapi agar memudahkan,biasanya dilakukan pada tanggal interim. Jika saldo dana kas kecil diperkirakan material, hal ini jarang terjadi, maka saldo tersebut harus diperhitungkan pada akhir tahun. Pengeluaran yang belum diganti harus diperiksa sebagai bagian dari penentuan apaka biaya yang belum tercatat jumlahnya material. 

Masukan Emailmu Untuk Langganan Artikel Ecotax (Free):

Delivered by FeedBurner

No comments:

Post a Comment

Sebagai pengunjung blog yg baik jgn lupa y tinggalkan komentar, saran atau y itu gak usah dibilang agan2 semua tau kan, agar blog ini bisa terus memberikan informasi pada agan - agan semua.