Wednesday, November 5, 2014

Penggolongan biaya sesuai dengan fungsi pokok dari kegiatan/aktivitas perusahaan ( cost classified accourding to the function business activity ).

   Fungsi pokok dari kegiatan – kegiatan perusahaan dapat digolongkan kedalam :

a.       Fungsi Produksi, yaitu fungsi yang berhubungan dengan kegiatan pengolahan bahan baku hingga produk selesai ( siap jual ).dan biaya yang digolongkan untuk fungsi tersebut adalah biaya produksi, yang terdiri dari Biaya bahan baku, Biaya tenaga kerja langsung ( TKL ),  dan Biaya Overhead.

b.      Fungsi pemasaran, yaitu - // - kegiatan menjual produk dengan memuaskan pelanggan dan mendapatkan keuntungan sesuai yang diinginkan perusahaan. Dan biaya yang digolongkan untuk fungsi tersebut adalah biaya pemasaran yaitu : seperti biaya ikaln dan biaya yang digunakan untuk pengumpulan piutang.

c.       Fungsi Administrasi dan umum, yaitu - // - kegiatan penentuan kebijaksanaan, pengarahan, dan pengawasan kegiatan perusahaan secara langsung agar dapat efektif dan efisien . dan biaya yang digolongkan untuk fungsi tersebut adalah biaya administrasi dan umum, contoh : gaji pimpinan tinggi perusahaan, jasa akuntansi dan keamanan.


d.      Fungsi Keuangan , yaitu - // - kegiatan keuangan atau penyediaan dana yang diperlukan oleh perusahaan. Dan biaya yang digolongkan untuk fungsi tersebut adalah biaya keuangan, seperti biaya bunga.

Masukan Emailmu Untuk Langganan Artikel Ecotax (Free):

Delivered by FeedBurner

No comments:

Post a Comment

Sebagai pengunjung blog yg baik jgn lupa y tinggalkan komentar, saran atau y itu gak usah dibilang agan2 semua tau kan, agar blog ini bisa terus memberikan informasi pada agan - agan semua.