Contoh Soal dan Jawaban Sewa Guna Usaha ( Keputusan Melakukan Leasing atau Tidak ) - Economics, Accounting, and Tax ( ECOTAX )

Terbaru

Friday, January 23, 2015

Contoh Soal dan Jawaban Sewa Guna Usaha ( Keputusan Melakukan Leasing atau Tidak )

PT. Maju Jaya membutuhkan satu unit mesin produksi seharga Rp200.000.000 dan dperkirakan memiliki umur ekonomis 2 tahun dan tanpa nilai residu. Penyusutan menggunakan metode garis lurus. Untuk pengadaan mesin tersebut mempertimbangkan 2 alternatif yaitu :
1.      Meminjam dana kepada Bank AGM sebesar Rp200.000.000 dengan bunga per tahun 10%. Pembayaran pokok pinjaman dilakukan pada akhir tahun ke - 2.
2.      Menyewa mesin tersebut selama 2 tahun dari perusahaan leasing dengan membayar uang sewa sebesar Rp105.000.000 / tahun. Pembayaran sewa dilakukan setiap akhir tahun.
Pertanyaan : Jika tarif pajak perusahaan sebesar 40%, apakah pengadaan mesin tersebut sebaiknya dibeli dengan dana pinjaman atau dileasing ?

Jawab :
Arus kas jika mesin yang dibeli dengan dana pinjaman dari Bank AGM (dalam Jutaan) :

-
Tahun 1
Tahun 2
Cost of Owning

Harga beli mesin
(200 )


Pinjaman
200


Biaya bunga

(20)
(20)
Tax saving dari bunga

8
8
Pembayaran pokok pinjaman


(200)
Tax saving dari penyusutan

40
40
Arus kas Keluar bersih
0
28
(172)

Tax Saving dari bunga = 40% x ( 10% x 200 Juta )
Tax Saving dari penyusutan = 40% x ( 200 juta / 2 tahun )

PV Cost of Owning = 28 Juta  +   -172 Juta
                               (1+0,06)1    (1+0,06)2
                                       = Rp163.580.000 (-)


Arus Kas jika mesin disewa ( leasing ) :

-
Tahun 1
Tahun 2
Cost of Leasing

Pembayaran Sewa

(105)
(105)
Tax Saving dari pembayaran Sewa

42
42
Arus kas Keluar bersih

(63)
(63)

Tax saving dari pembayaran sewa = 40% x Rp105 Juta

PV Cost of Leasing = -Rp63 Juta + -Rp63 Juta
                                (1 – 0,06)1    (1 – 0,06)2
                             = Rp137.567.000 (-)


PV Cost of Owning lebih besar dari PV Cost of Leasing, jadi dari perhitungan diatas sebaiknya perusahaan menyewa mesin karena terdapat efisiensi arus kas keluar.

6 comments:

  1. Bagaimana perhitungan koreksi atas leasing yang digunakan untuk pribadi, Semisal membeli mobil mewah secara leasing atas nama perusahaan kemudian digunakan oleh pribadi .
    terima kasih

    ReplyDelete
  2. (1+0,06) >> 0.06 itu didapat darimana??

    ReplyDelete
  3. Selamat hari untuk semua warga negara Indonesia dan juga semua ASIA, nama saya Ny. Nurliana Novi, tolong, saya ingin membagikan kesaksian hidup saya di sini di platform ini untuk semua warga negara Indonesia dan seluruh Asia untuk berhati-hati dengan pemberi pinjaman di internet, Allah telah sepenuhnya mendukung saya melalui ibu, Nyonya Elina yang baik

    Setelah beberapa periode mencoba untuk mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan ditolak terus-menerus, jadi saya memutuskan untuk mendaftar melalui pinjaman online tetapi saya ditipu dan saya kehilangan Rp 15.000.000 dengan pemberi pinjaman pinjaman yang berbeda.

    Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan seorang teman saya yang kemudian memperkenalkan saya kepada Ny. Elina, yang adalah pemilik perusahaan pemberi pinjaman global, jadi teman saya meminta saya untuk melamar dari Ny. Elina, jadi saya mengumpulkan keberanian dan menghubungi Ny. Elina.

    Saya mengajukan pinjaman sejumlah Rp500.000.000 dengan tingkat bunga 2%, sehingga pinjaman itu disetujui dengan mudah tanpa stres dan semua pengaturan dilakukan pada transfer kredit, karena fakta bahwa itu tidak memerlukan jaminan dan jaminan untuk pinjaman transfer Saya hanya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi aplikasi Mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari dua jam uang pinjaman telah disetorkan ke rekening bank saya.

    Saya pikir itu lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya dikreditkan dengan jumlah Rp500.000.000. Saya sangat senang bahwa ALLAH akhirnya menjawab doa saya dengan memesan pinjaman saya dengan pinjaman asli saya, yang telah memberi saya keinginan hati saya.

    Mereka juga memiliki tim ahli di sana yang akan memberi tahu Anda tentang jenis bisnis yang ingin Anda investasikan dan cara menginvestasikan uang Anda, sehingga Anda tidak akan pernah mengalami kebangkrutan lagi dalam hidup Anda.

    Semoga ALLAH memberkati Bunda Elina karena membuat hidup saya mudah, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik untuk mendapatkan pinjaman, silakan hubungi Mrs. Elina melalui email: elinajohnson22@gmail.com untuk pinjaman Anda

    Ada perusahaan palsu lain yang menggunakan kesaksian saya secara online untuk mencapai keinginan egois mereka, saya satu-satunya dengan kesaksian yang benar ini, ketika Anda menghubungi kemudian meminta mereka untuk bukti pembayaran di sana kepada ibu ,, harap berhati-hati terhadap orang-orang ini, oke

    Akhirnya saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena telah meluangkan waktu untuk membaca kesaksian hidup saya yang sebenarnya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa Tuhan akan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Satu lagi nama saya adalah mrs nurliana novi, Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut via email saya: nurliananovi96@gmail.com

    ReplyDelete
  4. nilai PV masing-masing dapat darimana, klo dihitung tidak segitu.

    ReplyDelete

Sebagai pengunjung blog yg baik jgn lupa y tinggalkan komentar, saran atau y itu gak usah dibilang agan2 semua tau kan, agar blog ini bisa terus memberikan informasi pada agan - agan semua.