Thursday, March 26, 2015

Pengakusisian dan Penolakan Management Perusahaan

    Hai agan2 pengunjung setia blog ecotax, agan pasti pernah dengar beberapa bulan lalu tentang pengakusisian bank BTN oleh bank Mandiri yang mana para managemen dan karyawan bank BTN yang melakukan demo di Kementrian Keuangan karena tidak setuju dengan pengakusisian tersebut. Akuisisi suatu perusahaan memang umumnya mengalami penolakan dari pihak managemen dan karyawan perusahaan yang akan diakuisisi. Hal itu menurut admin sih wajar saja ? kok wajar min ? ya menurut kalian ada orang yang akan diam saja jika dia terancam kehilangan jabatan atau pekerjaan mereka. Apalagi jaman sekarang yang susah mencari pekerjaan.

Untuk itu admin akan menshare kepada agan2 semua tentang akuisisi secara bersahabat (friendly) atau hostile Takeover.
    Akuisisi bersahabat adalah dimana kedua pihak managemen baik perusahaan pengakuisisi maupun yang akan diakuisisi bertemu dan melakukan perundingan terkait harga perusahaan yang akan diakuisisi, kelanjutan karyawan dari perusahaan yang akan diakuisisi dan lain2 yang menguntungkan kedua perusahaan, tetapi jika management perusahaan menolak terhadap usulan yang telah dibicarakan, maka proses akuisisi akan dilakukan dengan hostile takeover.
     Hostile takeover adalah cara pengakuisisian dengan tidak mengajak pihak management perusahaan yang akan diakuisisi berunding tetapi langsung ke acquired company yang biasanya dimana perusahaan pengakuisisi akan memberikan tawaran yang cukup menarik agar acquired company mau menjual perusahaannya, misalnya : membeli perusahaan dengan harga yang lebih mahal daripada harga pasar.
Jika hal itu terjadi biasanya pihak management melakukan berbagai taktik untuk mempertahankan diri (defense tactics) yang intinya bertujuan agar pengakuisisian perusahaan tersebut tidak terjadi.

Beberapa taktik yang kemungkinan dilakukan antara lain :
1.      Golden Parachute
Taktik yang dinyatakan dalam kontrak kerja, yang menyatakan bahwa managemen perusahaan akan menerima kompensasi yang besar apabila mereka kehingan jabatan mereka  karena perusahaan mereka bekerja telah diakuisisi oleh perusahaan lain.

2.      Poisson Pill
Taktik yang ditempuh oleh managemen perusahaan yang akan diakuisisi dengan cara menerbitkan obligasi dan warrant yang dapat ditukar dengan saham perusahaan dengan harga rendah.

3.      White Knight
Cara yang akan ditempuh oleh pihak managemen perusahaan yang akan diakuisisi untuk mencari perusahaan lain sebagai calon pembeli baru yang menyatakan bahwa managemen perusahaan yang akan diakuisisi tidak akan diubah.

Oke sobat ecotax, sekian pembahasan hari ini semoga bermanfaat y and jika jangan lupa tinggalkan komen or saran agar blog ini dapat terus memberikan yang terbaik bagi sobat2 semua.

#Acquisistion #BTN&Mandiri #Golden Parachute #Poisson Pill #WhiteKnight

Masukan Emailmu Untuk Langganan Artikel Ecotax (Free):

Delivered by FeedBurner

No comments:

Post a Comment

Sebagai pengunjung blog yg baik jgn lupa y tinggalkan komentar, saran atau y itu gak usah dibilang agan2 semua tau kan, agar blog ini bisa terus memberikan informasi pada agan - agan semua.