Monday, August 24, 2015

Apakah Devaluasi Mata Uang dan Manfaatnya

Hai para pengunjung setia blog ecotax, kali ini admin ingin menshare mengenai devaluasi mata uang yang minggu ini sedang hangatnya. Kita semua tahu bahwa baru – baru ini Tiongkok dan Vietnam melakukan devaluasi pada mata uang mereka. Agan2 sudah tahu apa itu devaluasi. Kalau belum tahu ini dia pengetian devaluasi dan tentu saja lawannya yaitu revaluasi :

a.       Devaluasi, Penurunan nilai mata uang dalam negeri terhadap nilai mata luar negeri. Biasanya jika nilai mata uang  turun pemerintah akan melakukan intervensi agar nilai mata uang dalam negeri stabil. Tetapi berbeda dengan apa yang dilakukan oleh tiongkok dan vietnam dimana bank sentral mereka memutuskan untuk memangkas nilai mata uang mereka, yang salah satunya akibat dari tindakan The Fed yang masih diperkirakan akan menaikkan suku bunga di USA.
b.      Revaluasi, Peningkat nilai mata uang dalam negeri terhadap nilai mata uang luar negeri. Namun mengingat devaluasi mata uang yang lagi hit maka admin akan membuka lebih jauh mengenai pengaruh devaluasi mata uang.

      Devaluasi mata uang yang dilakukan tiongkok dan vietnam baru baru ini menurut admin memiliki kesamaan yaitu untuk menjaga transaksi perdagangan mereka dan menjaga agar ekspor mereka tetap besar. Terutama negara tiongkok, mengingat tiongkok melakukan devaluasi pada mata uangnya (yuan) maka harga barang asal tiongkok akan semakin murah, hal ini akan membuat barang – barang asal tiongkok akan merajai dunia terutama indonesia, yang dapat membuat para pengusaha dalam negeri waspada mengingat orang indonesia dalam membeli produk selalu melihat yang pertama adalah harganya.  
Adapun alasan lain adalah untuk tetap mengontrol secara ketat nilai mata uangnya di tengah kekhawatiran terjadinya pelarian modal besar-besaran yang menyebabkan pasar bergejolak dan berujung pada munculnya risiko finansial.
Lalu gimana dengan indonesia ? seperti kata Direktur Eksekutif Depatermen Komunikasi BI, BI tidak akan melakukan devaluasi mata uang karna memang mata uang indonesia yang sudah terdepresiasi terlalu dalam sehingga membuat para eksportir indonesia dapat bersaing dengan eksportir tiongkok dan vietnam mengingat harganya yang juga murah.


Oke sekian dulu pembahasan hari ini mengenai Devaluasi Mata Uang, Semoga bermanfaat y.

Masukan Emailmu Untuk Langganan Artikel Ecotax (Free):

Delivered by FeedBurner

No comments:

Post a Comment

Sebagai pengunjung blog yg baik jgn lupa y tinggalkan komentar, saran atau y itu gak usah dibilang agan2 semua tau kan, agar blog ini bisa terus memberikan informasi pada agan - agan semua.