Saturday, November 14, 2015

Risiko Audit

Hallo agan2 senang dapat berbagi info kepada kalian semua, kali ini admin ingin berbagi mengenai risiko audit. Agan2 udah tahu kan apa itu risiko audit, klw blum admin akan menjelaskannya kepada agan2 semua.

Risiko Audit adalah risiko yang terjadi karena auditor tanpa disadarinya , tidak memodifikasi opininya sebagaimana mestinya, atas suatu laporan keuangan yang mengandung salah saji material.

Tipe –tipe risiko audit terbagi 3 yaitu :
a.      Risiko Bawaan (Inherent Risk/IR)
kerentanan suatu saldo akun atau golongan transaksi terhadap suatu salah saji material, dengan asumsi bahwa tidak terdapat kebijakan dan prosedur pengendalian intern yang terkait.

b.      Risiko Pengendalian (Control Risk/CR)
risiko terjadinya salah saji material dalam suatu asersi yang tidak dapat dicegah atau dideteksi secara tepat waktu oleh pengendalian intern entitas.

c.        Risiko Deteksi (Detection Risk/DR)
risiko sebagai akibat auditor tidak dapat mendeteksi salah saji material yang terdapat dalam suatu asersi.

Risiko audit a dan b adalah risiko audit yg tidak dapat diteksi auditor.

Rumus Salah Saji yang Tidak Dapat Dideteksi   
Rumus Salah Saji yang yang Tidak dapat Dideteksi Auditor / yang menjadi tanggung jawab seorang auditor :  

Sekian dulu pembahasan kita mengenai risiko audit semoga bermanfaat, dan jangan lupa tinggalkan kritik dan saran untuk membuat blog ini menjadi lebih baik lagi.

Masukan Emailmu Untuk Langganan Artikel Ecotax (Free):

Delivered by FeedBurner

No comments:

Post a Comment

Sebagai pengunjung blog yg baik jgn lupa y tinggalkan komentar, saran atau y itu gak usah dibilang agan2 semua tau kan, agar blog ini bisa terus memberikan informasi pada agan - agan semua.