Monday, December 14, 2015

Memahami Manfaat dari Penggunaan Software ERP

ERP (Enterprise Resources Planning) merupakan hal yang sangat diperlukan saat ini oleh perusahaan – perusahaan baik menengah hingga besar untuk meningkatkan  kinerja perusahaan. Hal ini dikarenakan dengan menggunakan software ERP perusahaan dapat mengintegrasikan seluruh

aktivitas perusahaan baik pembelian, penjualan, persediaan, keuangan, sumber daya manusia dan aktivitas perusahaan lainnya. Sehingga kegiatan perusahaan  dapat berjalan dengan lebih baik (seperti : pelayanan dan produktivitas). tidak jarang perusahaan merogoh kocek hingga milyaran rupiah hanya untuk mengimplementasikan teknologi/software ERP ini. Hal ini disebabkan jika penggunaan Software ERP berjalan dengan baik maka akan menghasilkan return/kembali terhadap dana yang dikeluarkan tersebut dengan cepat. Secara implisit aplikasi ERP bukan hanya suatu software semata, namun merupakan suatu solusi terhadap permasalahan informasi dalam suatu perusahaan. Dengan ERP perusahaan akan lebih mudah dalam mengelola proses bisnis dan melakukan pengembanganya. Manfaat yang terdapat dalam sistem ERP akan memudahkan sebuah bisnis dalam mengambil keputusan-keputusan yang bersifat strategis.

ERP juga sangat membantu perusahaan mengatasi kompleksitas dalam dunia bisnis global.  Secara garis besar di era modern seperti ini perusahaan yang tidak dapat mengikuti perubahan baik dari segi perubahan dari sistem bisnis maupun dari pembeli/pelanggan, maka perusahaan tersebut akan kalah bersaing maka dari itu ERP sangat diperlukan di era ini. Adapun manfaat ERP bagi perusahaan adalah :
a.      Mempermudah Pengendalian Proses Bisnis.
Sistem ERP akan menyajikan beragam data dari unit bisnis yang berbeda-beda secara sistematis, komprehensif, real-time, dan mudah dalam aksesnya. Hal ini akan memudahkan perusahaan dalam melakukan pemantauan dan pengendalian atas proses bisnis mereka. Disamping itu, sistem ERP juga akan memberikan wawasan yang luas kepada seorang decision-maker sehingga dapat melakukan berbagai prediksi dan pengambilan keputusan yang akurat.

b.      Menyederhanakan Proses Bisnis.
ERP membantu sebuah perusahaan merampingkan proses bisnis mereka. Hal ini akan memastikan alur kerja dapat berjalan secara halus dan komunikasi antar departemen menjadi lebih baik. Fungsi otomatisasi dalam sistem ERP menjamin aliran informasi tersampaikan dengan jelas dan bebas dari kesalahan, sehingga proses bisnis menjadi lebih sederhana dan responsif. Best-practise yang terorganisir dalam sistem ini dapat memberikan dukungan operasional yang lebih baik dan kustomisasi yang lebih mudah.
c.       Meningkatkan Efisiensi Karyawan.
Sistem ERP akan menyalurkan kepada karyawan informasi-informasi akurat yang dibutuhkan langsung kepada mereka. Sehingga karyawan tidak perlu lagi membuang-buang waktu untuk mencari-cari informasi sendiri. Mereka dapat fokus pada tugas utama sehingga kualitas dan produktifitas kerja akan meningkat. Meningkatnya kemampuan dalam pengambilan keputusan dan kemudahan untuk mendapatkan data-data yang dibutuhkan akan meningkatkan kreatifitas karyawan dan memperbaiki pola kerja mereka.
d.      Ekosistem Perusahaan yang Terintegrasi.
Sebuah perusahaan dapat berjalan dengan padu apabila kinerja seluruh stakeholder dapat diselaraskan antara satu dengan yang lain sesuai kebutuhan masing-masing demi mencapai tujuan yang sama. Sistem ERP dapat menyatukan semua unit dalam ekosistem perusahaan : mitra bisnis, fungsi-fungsi pendukung, vendor dan pelanggan. Dan kemampuan yang baik dalam menselaraskan beragam unit-unit dalam ekosistem tersebut dapat meningkatkan kinerja perusahaan.
e.       Siap Menghadapi Masa Depan.
Sistem ERP menjadikan perusahaan yang sedang berkembang memiliki fleksibilitas untuk beradaptasi dengan kebutuhan-kebutuhan di masa depan. Integrasi, kinerja, dan alur informasi yang berjalan dengan lebih baik dapat meningkatkan kemampuan perusahaan dalam melakukan perencanaan dan pengendalian sehingga mereka siap menghadapi tantangan di masa yang akan datang.

Namun ada hal yang perlu diperhatikan, yaitu melakukan instalasi software ERP saja tidak secara otomatis akan membuat bisnis menjadi lebih baik. Implementasi ERP juga memiliki resiko di dalamnya dan membutuhkan investasi yang tidak sedikit. Sistem ERP dapat meningkatkan potensi dan membantu kinerja perusahaan menjadi lebih baik hanya ketika ada restrukturisasi yang sesuai dengan karakteristik perusahaan. Ini berarti perusahaan perlu meninggalkan sistem yang lama, mengubah struktur operasional, dan mengelola perubahan. Manajemen proyek yang baik adalah kunci sukses dalam mengimplementasi ERP. jika hal ini telah dilaksanakan, ERP benar-benar akan dapat meningkatkan kinerja perusahaan..

Masukan Emailmu Untuk Langganan Artikel Ecotax (Free):

Delivered by FeedBurner

No comments:

Post a Comment

Sebagai pengunjung blog yg baik jgn lupa y tinggalkan komentar, saran atau y itu gak usah dibilang agan2 semua tau kan, agar blog ini bisa terus memberikan informasi pada agan - agan semua.