Monday, January 11, 2016

Bagaimana Menilai Perusahaan Dalam Mengelola Persediaan

Hallo agan2 semua, kali ini admin ingin membahas mengenai cara penilaian perusahaan dalam mengelola persediaannya. Telah kita ketahui bahwa persediaan merupakan aset (uang) yang berbeda dengan yang lainnya yang mana persediaan tidak dapat digunakan untuk tujuan lain. Oleh karena itu perusahaan berusaha meminimalisirkan investasi/pembelian yang diperlukan dalam persediaan. Pada saat yang sama perusahaan berusaha mencoba ntuk dapat memenuhi permintaaan pelangggan. Kehadiran metode JIT (Just In Time) membantu perusahaan sebab tujuan dari Just In Time adalah meminimalisir jumlah uang yang diperlukan untuk membeli/memproduksi persediaan.
Penilaian digunakan untuk mengetahui bagaimana efektifnya perusahaan dalam mengelola persediaan. Dan dua alat penilaian / pengukuran yang digunakan adalah rasio perputaran persediaan dan jumlah hari penjualan persediaan. Perputaran persediaan memberikan pengukuran berapa kali perusahaan memutar atau mengganti persediaannya dalam satu tahun. Adapun rumus yang digunakan untuk perputaran persediaan adalah sebagai berikut :


Dan adapun rumus yang digunakan untuk jumlah hari penjualan dalam persediaan adalah sebagai berikut :

Pemilik kepentingan akan menganalis bagaimana keefektifan manajeman persediaan perusahaan dengan membandingkan kedua rasio ini dengan rasio perusahaan tahun sebelumnya atau membandingkannya dengan rasio perusahaan lain yang bergerak di bidang yang sama.

Contoh Kasus :
Keterangan
Gree.Co
Free.co
Tree.co
Harga Pokok Penjualan
$24,925
$12,495
$11,832
Persediaan Awal
4,033
1,192
1,921
Persediaan Akhir
4,646
1,283
2,222
Persediaan Rata - Rata
4,340
1,238
2,072
Perputaran Persediaan
5,740
10,090
5,710

Dari data diatas kita dapt menyimpulkan bahwa free.co mengalami perputaran persediaan yang lebih sering daripada gree.co maupun tree.co

Co
Jumlah Hari penjualan
Dalam Persediaan
Gree
63,6 hari
Free
36,2 hari
Tree
63,9 hari


Oke agan2 itulah gambaran bagaimana kita pemilik kepentingan di suatu perusahaan dapat melihat dan menilai bagaimana manajemen persediaan di perusahaan tersebut berjalan efektif atau tidak. Sekian dulu pembahasan kali ini semoga bermanfaat dan selalu dukung kami agar kami dapat selalu memberikan informasi yang bermanfaat dan menarik lainnya dan jangan lupa meninggalkan jejak atau jika ada request pembahasan silakan kirim ke email admin.

Masukan Emailmu Untuk Langganan Artikel Ecotax (Free):

Delivered by FeedBurner

No comments:

Post a Comment

Sebagai pengunjung blog yg baik jgn lupa y tinggalkan komentar, saran atau y itu gak usah dibilang agan2 semua tau kan, agar blog ini bisa terus memberikan informasi pada agan - agan semua.