Friday, January 15, 2016

Mengenal Apa Itu Window Dressing

Hallo agan2 semua, kali ini admin ingin menshare tentang window dressing. Agan2 tau atau pernah dengar hal ini. Bagi kita semua yang pernah mendengar kasus enron pada tahun 2002 silam pasti sudah tidak asing lagi dengan window dressing ini. Yang waktu itu perusahaan tersebut melakukan window dressing dengan cara menunda pencatatan pembayaran piutang karena dana / kasnya digunakan untuk kepentingan pribadi. lalu apa itu window dressing? Window dressing dapat kita gambarkan menjadi 2 pengertian :

1.      Window dressing adalah tindakan melakukan rekayasa laporan keuangan dengan mengunkan trik – trik akuntansi agar laporan keuangan tampak berkinerja baik daripada yang sebenarnya terjadi. – Sisi Akuntansi

2.      Window dressing adalah tindakana bermanuver yang kerapkali diasosiasikan dengan praktik 'menipu' atau mengelabuhi yang dilakukan oleh pengelola reksadana, di mana saham yang sedang melemah dijual dan saham yang sedang menguat dibeli, untuk memberikan kesan bahwa mereka telah memegang saham yang berkinerja baik. – Sisi Investasi.

Jadi dapat kita  disimpulkan bahwa pengertian window dressing di pasar modal, akuntansi dan keuangan adalah suatu tindakan rekayasa akuntansi sebagai upaya menyajikan gambaran keuangan yang lebih baik daripada yang dapat dibenarkan oleh fakta dan standar akuntansi yang lazim. Caranya dengan menetapkan aset atau pendapatan terlalu tinggi dan menetapkan kewajiban atau beban terlalu rendah dalam laporan keuangan.

Mungkin saja masih ada pengelola investasi dan perusahaan go public yang melakukan tindakan ini, namun satu hal yang pasti untuk membuat suatu usaha atau perusahaan yang berumur panjang diperlukan adanya transpirasi dari para pengelola investasi atau perusahaan sehingga tidak merugikan orang – orang. 


Oke sekian dulu pembahasan hari ini, semoga bermanfaat dan selalu dukung kami agar kami dapat selalu memberikan informasi yang menarik dan tentunya bermanfaat.

Masukan Emailmu Untuk Langganan Artikel Ecotax (Free):

Delivered by FeedBurner

No comments:

Post a Comment

Sebagai pengunjung blog yg baik jgn lupa y tinggalkan komentar, saran atau y itu gak usah dibilang agan2 semua tau kan, agar blog ini bisa terus memberikan informasi pada agan - agan semua.