Thursday, March 24, 2016

Mengenal dan Memahami Pasar Valuta Asing

Valuta asing adalah uang negara asing (saldo mata uang asing bank, uang kertas, cek, dan draft). Sebuah transaksi valuta asing adalah perjanjian antara pembeli dan penjual dengan jumlah tertentu dari satu mata uang yang akan ditukar menjadi satu atau beberapa mata uang lain di suatu harga tertentu. Pasar valuta asing adalah mekanisme yang dimana peserta mentransfer daya beli, mendapatkan atau  menyediakan kredit untuk transaksi perdagangan internasional, dan meminimalkan paparan terhadap risiko perubahan nilai tukar (hedge).

Para peserta dari pasar valuta asing ini, yaitu :
·          Bank & Non Bank Dealer Valuta Asing.
·          Individu dan perusahaan yang melakukan transaksi komersial dan investasi.
·          Spekulan & Arbitragers.
·          Bank Sentral (BI) dan treasury.
·          Broker Valuta Asing.
Jenis-jenis transaksi pada pasar valuta asing, yaitu :
·          Spot
·          Outright Forward (Forward)
·          Swap
SPOT
Spot adalah transaksi pembelian atau penjualan valuta asing dengan valuta asing lainnya pada hari ini dengan penyerahan 2 hari kerja setelah tanggal transaksi, kecuali dalam kasus perdagangan Dolar AS, Dolar Kanada, Lira Turki, Euro, dan Rubel Rusia (diselesaikan hari kerja berikutnya). Kurs mata uang untuk pengiriman/perdagangan adalah tingkat yang berlaku pada saat transaksi. Perdagangan ini merupakan “pertukaran langsung” antara dua mata uang, dengan waktu singkat, melibatkan uang tunai bukan kontrak, dan bunga tidak termasuk dalam transaksi yang disepakati. Transaksi spot antara sebuah bank dan nasabah komersial tidak memerlukan penyelesaian 2 hari kerja.
Contoh :
Bank di Amerika pada hari selasa akan berencana mentransfer £ 10.000.000 ke salah satu bank di London. Jika nilai tukar adalah $ 1,6984/£, maka £ 10.000.000 yang ditransfer pada hari kamis oleh bank di Amerika akan ditransfer kembali oleh bank di London sebesar $ 16.984.000 pada saat itu juga.
FORWARD
Forward adalah suatu transaksi/kontrak pembelian atau penjualan suatu valuta asing dengan valuta asing lainnya pada tanggal valuta asing di masa yang akan datang dengan rate/harga yang ditentukan sekarang (pada tanggal kontrak). Transaksi forward dapat dilakukan untuk jangka waktu 1 minggu sampai dengan 1 tahun.
Tujuan dari transaksi forward ini adalah :
·          Untuk memenuhi kebutuhan cicilan hutang dalam mata uang asing dan mengantisipasi kecenderungan kurs valuta asing yang meningkat, Anda dapat melakukan pembelian forward dengan jangka waktu yang sesuai dengan jadwal pembayaran cicilan hutang.
·          Untuk memenuhi kebutuhan pembayaran L/C impor dan mengantisipasi kecenderungan kurs valuta asing yang meningkat, importir dapat melakukan pembelian forward dengan jangka waktu sesuai saat pembayaran L/C impor.
·          Untuk mengantisipasi kecenderungan kurs valuta asing yang menurun, eksportir dapat melakukan transaksi jual forward dengan jangka waktu sesuai dengan penerimaan pembayaran ekspor (saat negosiasi WEB).
SWAP
Swap adalah suatu transaksi/kontrak untuk membeli atau menjual valuta asing dengan valuta asing lainnya pada tanggal tertentu sekaligus dengan perjanjian untuk menjual atau membeli kembali pada tanggal valuta berbeda di masa yang akan datang, dengan harga yang ditentukan pada tanggal kontrak. Kedua transaksi tersebut dilaksanakan sekaligus dan dengan counterparty yang sama. Transaksi swap dapat dilakukan untuk jangka waktu 1 minggu sampai 1 tahun.
Tujuan dari transaksi swap adalah untuk memenuhi kebutuhan akan mata uang lokal sekaligus pembayaran hutang dalam mata uang asing bagi anda yang menerima pinjaman dalam mata uang asing dengan melakukan transaksi swap sell/buy, yaitu menjual USD dengan Rupiah pada valuta spot (pada saat menerima pinjaman dalam mata uang asing/USD) dan membeli kembali USD dengan Rupiah pada valuta di masa yang akan datang (pada saat pelunasan pinjaman kembali dalam mata uang asing/USD).
Nilai Tukar/Kurs
Kurs adalah harga mata uang suatu negara yang dinyatakan dalam mata uang lain. dengan kata lain, tingkat di mana satu mata uang dapat ditukar untuk yang lain. Misalnya, Rp 9. 335 per 1 dolar US.
Nilai Tukar & Quotations
Quotations antar bank
ü  Mata uang asing terhadap 1 dolar US (Eropa terms)
Contoh : SF 1,6000/$ dibaca 1,6000 Swiss Francs per dolar.
ü  Dolar US terhadap 1 unit mata uang asing (Amerika terms)
Contoh : $ 0,6250/SF, dibaca 0,6250 dolar per Swiss Francs.
Pada tahun 1978, Eropa terms telah diakui sebagian besar negara dunia untuk sistem perhitungan valas.

Direct & Indirect Quotes
ü  Direct quote : mata uang lokal
ü  Indirect quote : mata uang asing
Contoh : SF 1,6000/$ adalah direct quote di Swiss, namun indirect quote ketika digunakan di Amerika Serikat.
Bid & Ask Quotations
ü  Bid : Harga beli dealer
ü  Ask : Harga jual dealer

Contoh :

Bid
Ask
USD   
9.355    
8.355
EUR 
12.878  
11.498
JPY        
122       
109




Pasar Antar Arbitrage
Misalkan Quotes
Bank A US Dollar/Euro                      : $ 0,9045/€
Bank B US Dollar/Poundsterling       : $ 1,4443/£
Bank C Euro/Poundsterling                : € 1,6200/£
Maka: Cross Rates Bank A dan Bank B adalah :
$ 1,4443/£ = € 1,5968/£
$ 0,9045/€
Seorang trader dengan $ 1 juta dapat menjual uangnya tersebut ke bank B sehingga uangnya menjadi $ 1 juta/($1,4443/£) = £ 692,377. Selanjutnya uang tersebut dijual kembali ke Bank C dan mendapatkan £ 692,377 x € 1,6200/£ = € 1.121.651. Akhirnya hasil dari penjualan tersebut dijual lagi ke Bank A, €  1.121.651 x $ 0,9045/€ = $ 1.014.533.

Total profit yang diperoleh adalah $ 14.533

Masukan Emailmu Untuk Langganan Artikel Ecotax (Free):

Delivered by FeedBurner

No comments:

Post a Comment

Sebagai pengunjung blog yg baik jgn lupa y tinggalkan komentar, saran atau y itu gak usah dibilang agan2 semua tau kan, agar blog ini bisa terus memberikan informasi pada agan - agan semua.