Thursday, May 12, 2016

Audit Produksi dan Operasi

Hallo agan & sis pengunjung setia candraekonom, kali ini admin akan membahas mengenai Audit Produksi dan Operasi. Seperti yang kita ketahui bahwa audit produksi dan operasi melakukan penilaian secara komprehensif terhadap keseluruhan fungsi dan tugas produksi dan operasi untuk menentukan apakah fungsi ini telah berjalan dengan semestinya/memuaskan (ekonomis, efektif dan efisien). Audit ini dilakukan tidak hanya terbatas pada unit produksi tetapi juga berlaku untuk keseluruhan proses produksi dan operasi. Audit ini juga berperan untuk melengkapi fungsi pengendalian kualitas.

Beberapa alasan yang mendasari perlu dilakukannya audit ini, antara lain :
1.      Proses produksi dan operasi harus berjalan sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan.
2.      Kekurangan/kelemahan yang terjadi harus ditemukan sehingga segera dapat diperbaiki.
3.      Konsistensi berjalannya proses harus diungkapkan.
4.      Pendekatan proaktif harus menjadi dasar dalam peningkatan proses.
5.      Berjalannya tindakan korektif harus mendaat dorongan dan dukungan dari berbagai pihak yang terkait.
Ruang Lingkup Audit produksi dan operasi meliputi keseluruhan dari program/aktivitas yang dikelola pada fungsi ini, yang merupakan bagian dari wewenang dan tanggung jawab untuk mendukung pencapaian tujuan perusahaan. Secara keseluruhan ruang lingkup audit produksi dan operasi meliputi :
a.      Rencana produksi dan operasi
Rencana produksi dan operasi mengakomodasi rencana fungsi-fungsi bisnis lain, yang merupakan penjabaran dari rencana pencapaian tujuan perusahaan secara keseluruhan. Rencana ini menghubungkan kebutuhan pasar atas produk yang dipersyaratkan, aktivitas pengembangan dan rekaya, kapasitas produksi, rencana persediaan, keuangan, ketersediaan SDM, bahan baku, dan tingkat imbal hasil investasi yang dipersyaratkan investor.
b.      Produktivitas dan peningkatan nilai tambah
Transformasi yang mengubah input menjadi output selalu diikuti dengan peningkatan   nilai tambah. Nilai tambah meliputi seluruh usaha dalam meningkatkan manfaat yang diperoleh baik oleh perusahaan maupun pelanggan. Faktor terpenting dalam usaha meningkatkan nilai tambah adalah adanya komitmen untuk beroperasi secara efisien pada semua tingkatan dalam perusahaan.
Salah satu metode yang digunakan perusahaan untuk meningkatkan nilai tambah pada perusahaannya adalah dengan menerapkan lean production, yaitu suatu metode yang dikembangkan produsen yang mengunkan fokus berulang dalam rancangan prosesnya mampu secar signifikan meberi keuntungan bagi perusahaan yang menerapkannya. Metode ini menekankan kesempurnaan proses yang berjalan dengan mengeliminasi celah-celah kesalahan yang masih terbuka.
Keunggulan lain dari lean production, yang disukung oleh keebijakan dan praktik produksi yang secara maksimal mengoptimalkan penfgunaan sumber daya perusahaan untuk meningkatkan keunggulan bersaing, dimana kebijakan dan praktik tersebut meliputi :
1.      Penghapusan persediaan (Zero Inventory)
2.      Tingkat cacat nol (zero defect)
3.      Meminimalkan kebutuhan tempat (gudang).
4.      Kemitraan dengan pemasok
5.      Tanggung jawab pemasok
6.      Meminimalkan aktivitas yang tidak menambah nilai
7.      Pengembangan angkatan kerja
8.      Menciptakan tantangan dalam bekerja.
c.       Pengendalian Produksi dan Operasi
Pengendalian produksi dan operasi menyangkut pengamatan atas hubungan antara proses yang berjalan dengan standar (kriteria) operasi yang telah ditetapkan. Pengamatan ini bertujuan untuk memandu proses agar tidak keluar dari standar operasi pencapaian tujuan perusahaanagar berkesinambungan antara sumber daya yang tersedia dengan permintaan total dapat dipertahankan. Dalam praktik manajemen modern selruh lapisan manajemen dan karyawan bertanggung jawab secara proporsional terhadap berjalannya operasi secara efektif dan efisian serta dihasilkannya produk yang memenuhi standar kualitas, kuantitas dan ketepatan waktu dengan pengorbanan yang minimal.


Sekian dulu pembahasan kita kali ini, jika ada yang ingin agan & sis komentari ataupun memberikan saran kami akan sangat senang menerimanya dengan meninggalkan jejak diblog ini atau kunjungi email kami candraekonom@gmail.com, dan jangan lupa untuk terus dukung kami agar dapat memberikan artikel bermanfaat dan menarik bagi agan & sis. 

Masukan Emailmu Untuk Langganan Artikel Ecotax (Free):

Delivered by FeedBurner

No comments:

Post a Comment

Sebagai pengunjung blog yg baik jgn lupa y tinggalkan komentar, saran atau y itu gak usah dibilang agan2 semua tau kan, agar blog ini bisa terus memberikan informasi pada agan - agan semua.