FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERMINTAAN DAN PENAWARAN - Economics, Accounting, and Tax ( ECOTAX )

Terbaru

Wednesday, August 28, 2013

FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERMINTAAN DAN PENAWARAN

FAKTOR YANG MEMPENGARUHI
PERMINTAAN DAN PENAWARAN

A.    Permintaan
Permintaan adalah jumlah benda baik barang atau jasa yang diingini/yang mampu untuk dibeli oleh para pembeli ataupun disebut dengan konsumen.

·         Hubungan antara harga dan jumlah permintaan.
Hubungan antara harga dan jumlah pernintaan selalu  berbanding terbalik dengan kata lain jika harga suatu barang naik maka permintaan ( jumlah barang ) yang diminta oleh masyarat akan menurun, dan sebaliknya jika harga suatu barang turun maka permintaan terhadap barang tersebut akan naik.


·         Variabel yang mempengaruhi permintaan :

1.Pendapatan.
   Jika pendapatan seseorang berkurang maka permintaannya terhadap suatu
   Barang akan ikut berkurang juga dan nama barang yang ikut berkurang jika
   Pendapatan berkurang dinamakan barang normal ( normal goods ).
   Sedangkan jika saat pendapatan berkurang dan permintaan barang terhadap
   Barang bertambah maka barang tersebut dinamakan barang inferior( inferior
   Goods ).

2. Harga barang – barang terkait.
     disini kita sebut disebut juga dengan barang substitusi (substitutes goods )
     yaitu suatu barang yang dapat menggantikan peran dari barang yang lainnya
     Contoh :
      Saat harga yogurt beku turun maka anda akan membeli yogurt dalam
     Jumlah yang banyak dan saat bersamaan tersebut harga es krim sedang
     Mahal,sehinggan anda lebih memilih membeli yogurt karna harganya lebih
     Murah dan memiliki rasa yang hamper sama dengan es krim.
     Dan barang komplementer ( barang pelengkap ) yang mana jika suatu
     Pasangan barang mengalami kenaikan permintaan maka permintaan pada
     Pasangannya akan menurun.
     Contoh : jika harga bbm naik maka permintaan terhadap akan menurun
     Permintaan terhadap kendaraan pribadi naik,mengingat jika menggunakan
     Kendaraan umum yang ikut naik akibat kenaikan harga bbm.

3. Selera
   Hal ini yang merupakan penentu permintaan,dengan kata lain jika berapapun
   Mahalnya harga barang jika konsumen selera terhadap barang tersebut
   Maka akan ada permintaan.
   Dan jika berapa murahnya harga suatu barang jika konsumen tidak selera
   Maka tidak ada permintaan.

4. Harapan dan Jumlah pembeli

B.     Penawaran
Penawaran adalah jumlah barang atau jasa yang mampu / dimiliki produsen untuk dijual ke konsumen

·         Variabel yang mempengaruhi Penawaran :
1.      Harga Input
Jika harga input barang rendah maka penawaran akan tinggi dan sedangkan jika harga input besar maka penawaran akan rendah.
2.      Harapan.
Jika suatu perusahaan berharap bahwa harga tahu esok naik maka perusahaan akan menyimpan hasil produksinya sebagian untuk besok sehingga penawaran hari ini berkurang dan sebaliknya jika harga tahu esok turun maka perusahaan akan menjual barangnya ke pasar sehingga penawaran hari ini besar.
3.      Jumlah Penjual
Jika jumlah penjual banyak maka penawaran akan besar dan sedangkan jika penjual sedikit maka penawaran akan rendah.


No comments:

Post a Comment

Sebagai pengunjung blog yg baik jgn lupa y tinggalkan komentar, saran atau y itu gak usah dibilang agan2 semua tau kan, agar blog ini bisa terus memberikan informasi pada agan - agan semua.