Thursday, April 24, 2014

Contoh Soal dan Jawabannya Mengenai Debt Investment ( Akuntansi )



Obligasi Merupakan salah satu system investasi dimana para investor memberikan Pinjaman kepada para pencari dana dengan para pencari dana memberikan surat bukti utang .
( dan yang diharapkan investor dari obligasi itu sendiri adalah bunga )

   Contoh : Soal Mengenai Obligasi ( Bond )

Friday, April 4, 2014

Contoh Menghitung PPh Pasal 21 ( dilengkapi dengan Jurnal )

Hai agan2 sekalian kali ini saya akan membahas PPh pasal 21, Agan2 dah tau kan apa itu PPh pasal 21, y benar , PPh pasal 21 / pajak penghasilan pasal 21 adalah pajak yang dikenakan kepada orang yang memberikan jasa dan dari jasannya tersebut dia menerima gaji , upah atau timbal baliknya. Dan kebetulan ini blog berisi informasi tentang ekonomi dan akuntansi maka saya akan memberitahu kepada agan2 semua cara menghitung pajak terutang agan dan cara menjurnalnya bagi perusahaan yang memotong pajak tsb. ( etssss… yg sudah bekerja sudah bayar pajak kan , ingat pajak adalah sumber dana bagi pembangunan Negara kita tercinta Indonesia jadi sudah tugas kita menjadi wajib pajak yang baik kalau agan mau jadi warga Negara yang baik )

Thursday, April 3, 2014

Contoh Soal dan Jawaban Laporan Arus Kas



Statement of Cash Flow
( Laporan Arus Kas )

  Cara Membuat Laporan Arus Kas ada 2 metode yang digunakan yaitu metode langsung dan metode tidak langsung dimana letak perbedaan dalam 2 metode ini hanya terdapat dalam kegiatan operasinya sedangkan kegiatan pendanaan dan investasi sama.

·         Metode Langsung  
a.       Laporan Arus Kas disusun dari buku Kas
b.      Pada saat pencatatan setiap transaksi kas, harus digolongkan langsung ke dalam 3 jenis aktivitasnya agar mempermudah penyusunan.

Wednesday, April 2, 2014

Klasifikasi Arus Kas




Klasifikasi Arus Kas
   Laporan arus kas mengklasifikasikan penerimaan kas dan pembayaran kas berdasarkan kegiatan operasi, investasi, dan pembiayaan.
Karakteristik transaksi dan peristiwa lainnya dari setiap jenis kegiatan adalah sebagai berikut :
·        Kegiatan operasi, melibatkan pengaruh kas dari transaksi yang dilibatkan dalam penentuan laba bersih, seperti penerimaan kas dari penjualan barang dan jasa, serta pembayaran kas kepada pemasok dan karyawan untuk memperoleh persediaan serta membayar beban.