Wednesday, November 25, 2015

Pertanyaan dan Alasan Test yang harus kamu ketahui saat interview kerja – Akuntansi/Keuangan

Hallo Agan2 semua apa kabar, semoga sehat. Admin kali ini ingin berbagi informasi mengenai perkiraaan pertanyaan yang akan ditanya bagi kamu yang ingin berkecimpung didunia perkantoran - akuntansi baik itu akuntan perusahaan , ataupun  bidang keuangan lainnya. Dan dari yang admin baca dari beberapa situs dalam maupun luar negeri mengenai perkiraan yang akan ditanya oleh perusahaan pemberi kerja (interview) untuk para pelamar di bidang akuntansi adalah sebagai berikut :

a.      Jelaskan perbedaan antara Accounts Receivable (AR) dengan Account Payable (AP) ?
Alasan PR bertanya : ini adalah dasar akuntansi, PR bertanya hal tersebut untuk mengetahui pengetahuan akuntansi dasar calon pekerja.
b.      Saat Perusahaan menggunakan double entry, apakah elemen buku besar harus sama ?
Alasan PR bertanya : ini juga merupakan pertanyaan dasar untuk mengetahui pengetahuan akuntansi dasar, bagi kaum terpelajar (akuntansi) dan memiliki pengalaman akuntansi ini merupakan hal yg tak sulit.
c.        Jika perusahaan memiliki lebih dari 2 rekening bank untuk proses pembayaran, berapakah jumlah minimum buku besar yang dibutuhkan ?
Alasan PR bertanya : untuk mengeksplorasi pengetahuan kandidat mengenai buku besar, Mengharapkan respon untuk mengungkapkan sejauh mana kandidat telah memikirkan bagaimana rekening berhubungan dengan bidang usaha dan prinsip-prinsip akuntansi yang berlaku umum.
d.      Metode apa yang akan saudara gunakan untuk piutang yang macet (bed debt) ?
Alasan PR bertanya : Jawabannya pemohon akan mengungkapkan tingkat pemahaman metode yang paling umum.
e.       Kenapa lebih mudah seseorang menggunakan jurnal untuk melakukan penipuan daripada menggunakan buku besar ?
Alasan PR bertanya : Akuntan profesional, terutama mereka yang memanaged buku besar atau bekerja sebagai bookeeper lebih dari beberapa tahun, harus bisa berspekulasi tentang skenario ini. Calon dari pelatihan formal (mahisiswa) untuk audit atau analisis penipuan kemungkinan akan menjelaskan hal ini secara menyeluruh dan dapat memberikan contoh.

f.        Sistem ERP (Enterprise Resources Planning) seperti apa yang pernah/akan saudara gunakan ?
Alasan PR bertanya : Sebagian besar profesional, terutama mereka dengan pengalaman kerja menengah untuk organisasi besar, harus punya jawaban untuk ini. Tanggapan mungkin termasuk salah satu dari berikut: Hyperion, Microsoft Dynamics GP atau Oracle Enterprise Manager. Untuk calon entry-level (Mahasiswa), Anda mungkin mengubah ini menjadi diskusi sertifikasi keuangan dan kemungkinan pelatihan masa depan. Misalnya, perusahaan menanyakan sistem ERP yang ingin mereka menguasai.
g.       Bagaimana pengalaman anda dalam developing business metrics ?
Alasan PR bertanya : Meskipun agak umum, pertanyaan wawancara ini dapat menimbulkan jawaban berguna dalam mengevaluasi bisnis entry-level atau calon analis keuangan semua jalan sampai ke pertengahan karir profesional yang bercita-cita untuk tanggung jawab anggaran dan pengawasan staf.
h.       Jika perusahaan menggunakan sistem titik impas – BEP dan menerima investasi sebesar Rp1.000.000.000 (1 Miliar), bagaimana strategi anda dalam membelanjakan atau investasi dana tersebut.
Alasan PR bertanya : Ini jatuh ke dalam kategori teknik wawancara situasional, taktik berguna dalam mengukur kemampuan pemohon untuk memikirkan skenario seperti yang mungkin dihadapi dalam peran keuangan yang lebih senior. Tanggapan pemohon akan menunjukkan kepada PR jika pendekatan ini sejalan dengan tim yang ada, yang juga akan menunjukkan apakah calon ini adalah cocok untuk budaya organisasi PR.
i.         Apa tantangan yang anda hadapi jika memimpin sebuah tim analysis project ?
Alasan PR bertanya : untuk menyelidik keterampilan kepemimpinan. Ini adalah pertanyaan wawancara lain PR dapat memodifikasi untuk lebih mengeksplorasi kekhasan pembukaan atau latar belakang kandidat. Seperti pertanyaan H, jawaban pemohon akan mengungkapkan tingkat keterampilan berpikir kritis dan menimbulkan gambaran yang lebih baik dari teknik kepemimpinan nya.

Oke, itulah seputar pertanyaan dan alasannya mengapa perusahaan menanyakan hal tersebut, jadi jika anda ingin berkecimpung di dunia akuntansi setidaknya pahami dasar akuntansi dan pengalaman anda dalam akuntansi merupakan guru terbaik dan takkan terganti. Semoga bermanfaat dan terus dukung admin agar dapat terus memberi artikel yang bermanfaat.

Masukan Emailmu Untuk Langganan Artikel Ecotax (Free):

Delivered by FeedBurner

No comments:

Post a Comment

Sebagai pengunjung blog yg baik jgn lupa y tinggalkan komentar, saran atau y itu gak usah dibilang agan2 semua tau kan, agar blog ini bisa terus memberikan informasi pada agan - agan semua.