Sunday, February 7, 2016

Glosarium/Makna Kata - Kata Dalam Akuntansi Manajemen

Hallo agan2 pengunjung setia blog ecotax,  admin kali ini ingin menshare mengenai glosarium atau pengertian dari dari kata – kata yang ada di akuntansi. Agan2 pasti pernah membaca di akuntansi mengenai BVL, CM dan lainnya. Oke tanpa basa – basi inilah dia glosarium akuntansi :

1.      Analisis Inkremental (Incremental Analysis) – Suatu Pendekatan analisis yang berfokus hanya pada aspek biaya dan pendapatan yang berubah sebagai hasil dari sebuah keputusan.
2.      Analisis Target Laba (Target Profit Analysis) – Mengestimasi volume penjualan yang diperlukan untuk mencapai target laba yang diinginkan.
3.      Batas Keamanan (Margin Of Safety) – kelebihan nilai penjualan yang dianggarkan ataupun aktual di atas titik impas penjualan.
4.      Bauran Penjualan (Sales Mix) – Proporsi relatif dalam produk perusahaan yang terjual. Bauran penjualan dihitung dengan menyajikan penjualn untuk setiap produk sebagai presentasi total penjualan.
5.      Benchmarking – Pendekatan sistematis untuk mengindentifikasi kegiatan – kegiatan yang mempunyai potensi besar untuk perbaikan.
6.      Basis Alokasi (Allocation Base) – ukuran aktivitas seperti jam kerja langsung atau jam mesin yang digunakan untuk membebankan biaya ke objek biaya.
7.      Overhead yang dibebankan terlalu rendah (Underapplied Overhead) – Saldo debit dalam akun overhead yang terjadi bila jumlah biaya overhead yang sesungguhnya terjadi lebih besar dari jumlah biaya overhead yang dibebankan ke barang dalam proses selama periode tertentu.
8.      Overhead yang dibebankan terlalu tinggi (Overapplied Overhead)Saldo Kredit dalam akun overhead pabrik yang terjadi bila jumlah biaya overhead yang dibebankan ke barang dalam proses lebih besar dari jumlah biaya overhead yang sesungguhnya terjadi.
9.      Akuntansi Pertanggungjawaban (Reponsbility Accounting)Sistem Pertanggungjawaban yang menentukan tanggung jawab manager atas pendapatan dan biaya yang ada di dalam kendalinya. Manager bertanggung jawab terhadap perbedaan antara anggaran dan hasil aktual.
10.  Anggaran (budget) – Rencana detail untuk memperoleh dan menggunakan sumber daya keuangan dan lainnya dalam periode tertentu.
11.  Anggaran Bahan Baku (Direct Materials Budget) rencana detail yang menunjukkan bahan baku yang harus dibeli selama periode tertentu untuk memenuhi kebutuhan produksi dan persediaan.
12.  Anggaran Induk (Master Budget) Ringkasan rencana perusahaan yang berisi target spesifik untuk penjualan, produksi, distribusi, dan aktivitas keuangan yang biasanya bermuara pada anggaran kas, anggaran laba rugi dan anggaran laporan posisi keuangan.
13.  Anggaran Fleksibel (Flexible Budget) Laporan yang menunjukkan estimasi besarnya pendapatan dan biaya yang seharusnya, pada tingkat aktual aktivitas tertentu selama periode.
14.  Anggaran yang Direncanakan (Planning Budget) Anggaran yang dibuat pada awal periode anggaran dan berlaku hanya untuk tingkat aktivitas yang sudah direncanakan.
15.  Varian Aktivitas (Activity Variance) perbedaan antara pos pendapatan atau biaya dalam anggaran fleksibel. Jika varian aktivitas semata – mata berdasarkan perbedaan antara tingkat aktivitas yang diasumsikan dalam anggaran yang direncanakan dan tingkat aktual aktivitas yang digunakan dalam anggaran fleksibel.
16.  Varian Pendapatan (Revenue Variance) – perbedaan antara besarnya pendapatan yang seharusnya terjadi, pada tingkat aktual aktivitas, dan pendapatan aktual selama periode. Varian pendapatan yang menguntungkan ataupun tidak menguntungkan terjadi karena pendapatan lebih tinggi atau lebih rendah dari yang diharapkan, pada tingkat aktual aktivitas tertentu selam periode.
17.  Varian Pengeluaran (Spending Variance) – Perbedaan antara besarnya biaya yang seharusnya terjadi, pada tingkat aktual aktivitas, dan jumlah aktual biaya. Varians pengeluaran yang menguntungkan ataupun tidak menguntungkan terjadi karena biaya lebih rendah atau lebih tinggi dari yang diharapkan, terjadi pada tingkat aktual aktivitas tertentu selama periode.


Sekian dulu agan2 pembahasan kita mengenai glosarium akuntansi manajemen, semoga bermanfaat dan Selalu dukung kami agar kami dapat memberikan informasi yang menarik dan bermanfaat lainnya.

Masukan Emailmu Untuk Langganan Artikel Ecotax (Free):

Delivered by FeedBurner

No comments:

Post a Comment

Sebagai pengunjung blog yg baik jgn lupa y tinggalkan komentar, saran atau y itu gak usah dibilang agan2 semua tau kan, agar blog ini bisa terus memberikan informasi pada agan - agan semua.