FAKTOR YANG MEMPENGARUHI
PERMINTAAN DAN PENAWARAN
A. Permintaan
Permintaan adalah jumlah benda baik barang atau jasa
yang diingini/yang mampu untuk dibeli oleh para pembeli ataupun disebut dengan
konsumen.
·
Hubungan antara
harga dan jumlah permintaan.
Hubungan antara harga dan jumlah pernintaan
selalu berbanding terbalik dengan kata
lain jika harga suatu barang naik maka permintaan ( jumlah barang ) yang
diminta oleh masyarat akan menurun, dan sebaliknya jika harga suatu barang
turun maka permintaan terhadap barang tersebut akan naik.
·
Variabel yang
mempengaruhi permintaan :
1.Pendapatan.
Jika
pendapatan seseorang berkurang maka permintaannya terhadap suatu
Barang akan
ikut berkurang juga dan nama barang yang ikut berkurang jika
Pendapatan berkurang
dinamakan barang normal ( normal goods ).
Sedangkan
jika saat pendapatan berkurang dan permintaan barang terhadap
Barang bertambah
maka barang tersebut dinamakan barang inferior( inferior
Goods ).
2. Harga barang – barang terkait.
disini kita sebut disebut juga dengan barang
substitusi (substitutes goods )
yaitu
suatu barang yang dapat menggantikan peran dari barang yang lainnya
Contoh :
Saat
harga yogurt beku turun maka anda akan membeli yogurt dalam
Jumlah yang
banyak dan saat bersamaan tersebut harga es krim sedang
Mahal,sehinggan
anda lebih memilih membeli yogurt karna harganya lebih
Murah dan
memiliki rasa yang hamper sama dengan es krim.
Dan barang
komplementer ( barang pelengkap ) yang mana jika suatu
Pasangan barang
mengalami kenaikan permintaan maka permintaan pada
Pasangannya
akan menurun.
Contoh :
jika harga bbm naik maka permintaan terhadap akan menurun
Permintaan
terhadap kendaraan pribadi naik,mengingat jika menggunakan
Kendaraan
umum yang ikut naik akibat kenaikan harga bbm.
3. Selera
Hal ini
yang merupakan penentu permintaan,dengan kata lain jika berapapun
Mahalnya harga
barang jika konsumen selera terhadap barang tersebut
Maka akan
ada permintaan.
Dan jika
berapa murahnya harga suatu barang jika konsumen tidak selera
Maka tidak
ada permintaan.
4. Harapan dan Jumlah pembeli
B. Penawaran
Penawaran adalah jumlah barang atau
jasa yang mampu / dimiliki produsen untuk dijual ke konsumen
·
Variabel
yang mempengaruhi Penawaran :
1.
Harga
Input
Jika
harga input barang rendah maka penawaran akan tinggi dan sedangkan jika harga
input besar maka penawaran akan rendah.
2.
Harapan.
Jika
suatu perusahaan berharap bahwa harga tahu esok naik maka perusahaan akan
menyimpan hasil produksinya sebagian untuk besok sehingga penawaran hari ini
berkurang dan sebaliknya jika harga tahu esok turun maka perusahaan akan
menjual barangnya ke pasar sehingga penawaran hari ini besar.
3.
Jumlah
Penjual
Jika
jumlah penjual banyak maka penawaran akan besar dan sedangkan jika penjual
sedikit maka penawaran akan rendah.
No comments:
Post a Comment
Sebagai pengunjung blog yg baik jgn lupa y tinggalkan komentar, saran atau y itu gak usah dibilang agan2 semua tau kan, agar blog ini bisa terus memberikan informasi pada agan - agan semua.