Ingin memulai menjadi trader, Ayo kenali Indikator Analisis Teknikal yang akan membantu anda. - Economics, Accounting, and Tax ( ECOTAX )

Terbaru

Thursday, September 26, 2019

Ingin memulai menjadi trader, Ayo kenali Indikator Analisis Teknikal yang akan membantu anda.


Banyak orang mulai mengenal trading saat di mulai berinvestasi di dalam saham, namun banyak juga orang yang sudah dari awal mengenal apa itu trading. Bagi orang yang memilki tujuan untuk berinvesatasi dalam jangka panjang mungkin apa yang akan mimin jelaskan disini tidak akan terlalu banyak bermanfaat bagi teman – teman yang ingin berinvestasi. Sebab kriteria yang dibutuhkan untuk penilaian investasi tersebut tidak lagi pada indikator analisis yang dijelaskan pada artikel ini, tetapi pada keadaan fundamental perusahaan itu sendiri. Jadi jika teman – teman berpikir untuk mulai berinvestasi, tidak ada salahnya untuk mengetahuai fundamental perusahaan yang bagaimana yang cocok untuk menerima uang / investasi teman - teman.

Mengenai Indikator analisis sendiri, disini mimin akan menjelaskan beberapa instrumen yang sering mimin pakai secara singkat yaitu Stochastic, MACD, RSI, Bollinger Bonds.

1. Stochastic
Stochastic adalah sebuah indikator oscilator yang berfungsi untuk mengukur kejenuhan pasar . Ingat ada kalanya pasar akan jenuh beli (overbought) maupun jenuh jual (oversold). pasar dikatakan overbought bila nilai stochastic diatas 80 , dan dikatakan oversold jika market bernilai dibawah 20.
Dimana saat pasar jenuh beli (overbought) dengan nilai stochastic diatas 80 maka berpotensi besar harga turun cukup besar dan sebaliknya jika saat pasar jenuh jual (oversold) dengan nilai stochastic dibawah 20 maka berpotensi besar harga akan naik.

2. MACD (Moving Average Convergence/ Divergence)
Moving Average Convergence / Divergence dapat diartikan sebagai rata-rata pergerakan dimana yang harus dicari disini yaitu perbedaan konvergen serta divergennya untuk menentukan penurunan serta kenaikan harga. MACD juga digunakan untuk mengetahui peralihan tren dari bullish menuju bearish ataupun sebaliknya.

3. RSI (Relative Strength Index)
Sama seperti dengan Stochastic, RSI juga berfungsi untuk mengukur kejenuhan pasar.  Namun jika dibandingkan dengan RSI , stochastic memiliki kelebihan yaitu memiliki signal beli dan jual. Namun buat yang biasa trading di pasar yang sedang ranging atau sideways, indikator RSI adalah partner terbaik anda untuk memprediksi pergerakan harga. Hal ini dikarenakan sinyal yang diberikan indikator ini di kondisi pasar yang sideways akurat dan bisa diandalkan.

4. BB (Bollinger Bands)
Bollinger Bands adalah indikator untuk mengukur tingkat volatilitas pergerakan harga pada periode tertentu. Bollinger Bands terdiri dari 3 garis yang layaknya pembatas pergerakan harga yaitu upper band, middle band, dan lower band.
Titik penting dari indikator Bollinger Band sebenarnya terletak pada pergerakan rata-rata harga yang menunjukkan tren jangka menengah dari suatu komoditas/atau saham, berdasarkan pada jangka waktu trading yang sedang Anda pantau. Indikator tren ini dikenal sebagai middle band. Kebanyakan aplikasi yang memaparkan grafik stock trading menitikkan garis tengah (middle band) pada pergerakan harga rata-rata dalam 20 periode. Garis atas (upper band) dan garis bawah (lower band) merupakan alat ukur untuk fluktuasi kenaikan dan penurunan harga. Kedua garis ini dihitung sebagai dua penyimpangan/deviasi standar dari garis tengah.

Tapi perlu diingat Bollinger Bands tidak dapat berdiri sendiri atau dengan kata lain bukan indikator dalam melakukan aksi, Bollinger Band perlu ditemani indikator lain seperti RSI ataupun Stochastic.

Oke itulah mengenai pembahasan kali ini, semoga pengenalan secara singkat tentang indikator ini dapat membantu anda untuk menyiapkan strategi dalam melakukan trading.  Mimin akan membuat postingan berikutnya tentang satu per satu indikator diatas pada postingan selanjutnya secara lebih mendetail dan mudah diaplikasikan. Semoga postingan ini bermanfaat bagi teman – teman semua dan jangan lupa untuk terus dukung kami dengan menshare atau komen agar kami dapat terus memberikan postingan – postingan bermanfaat lainnya.

1 comment:

  1. https://www.membisnis.com/inovasi-10-ide-bisnis-untuk-menghasilkan-banyak-uang/

    ReplyDelete

Sebagai pengunjung blog yg baik jgn lupa y tinggalkan komentar, saran atau y itu gak usah dibilang agan2 semua tau kan, agar blog ini bisa terus memberikan informasi pada agan - agan semua.