Mengenal Rights Issue & Private Placement - Economics, Accounting, and Tax ( ECOTAX )

Terbaru

Thursday, August 20, 2020

Mengenal Rights Issue & Private Placement

     Bagi kamu yang sering membaca/mendengar  berita pasti tidak asing lagi dengan kata rights issue & private placement, bahkan dalam waktu dekat 2 persahaan terdaftar di bursa efek melakukan kegiatan tersebut, dimana PT Indomobil Multi Jasa Tbk (IMJS) menggelar rights issue yang mencapai Rp 660 Miliar dan PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN) melakukan Private placement yang  mencapai Rp 513 Miliar.

Sebenarnya apa sih rights issue & Private Placement ?

Rights issue & Private Placement sama – sama bertujuan untuk menambah modal dengan melakukan penerbitan saham baru,hanya saja didalam rights issue dikenal dengan HMETD (Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu) sedangkan Private Placement tidak.

Apa itu HMETD ?

HMETD (Hak memesan Efek Terlebih Dahulu) adalah Hak yang dimiliki oleh pemegang saham lama untuk dapat terlebih dulu diberikan kesempatan untuk menebus saham baru yang diterbitkan perusahaaan sebelum memberikannya kepada para pembeli lain yang berniat membeli.

HMETD dapat diperdagangkan dalam tempo waktu tertentu, sehingga kamu dapat menjual HMETD-mu, membeli HMETD orang lain atau menebusnya menjadi saham baru.


Jika kamu pernah melihat kode saham-R dalam pasar reguler bursa saham, itu adalah indikasi bahwa perusahaan telah melakukan Right Issue. Seperti contoh kode IMJS-R sudah tercatat di pasar reguler dari tanggal 14 agustus 2020 sampai 25 agustus 2020,  jadi kamu dapat melakukan transaksi jual beli selama periode waktu tersebut.

Lalu Bagaimana dengan Private Placement ?

Private placement adalah penerbitan saham baru yang langsung dijual kepada  investor besar atau grup investor tanpa melalui transaksi di pasar reguler di bursa saham. penentuan nilai saham perlembar adalah rata – rata harga penutupan  25 hari aktif bursa.


Apa Dampak dari  Rights Issue & Private Placement :

·         Persentase kepemilikan saham akan terdilusi

Persentase kepemilikanmu akan terdilusi saat kamu tidak menembus saham baru saat right issue, saat private placement persentase kepemilikanmu sudah pasti terdilusi.

·         Naiknya Kapitalisasi Pasar

Tujuan dari Right Issue & Private Placement :

·  Biasanya dana dari Right Issue & Private Placement digunakan untuk kebutuhan finansial perusahaan seperti eksapansi bisnis, pembayaran utang, penguatan modal kerja dan sebagainya.

·         Adanya investor besar baru yang tertarik masuk ke perusahaan. (Private Placement)

·         Merekrut investor strategis yang dapat membantu kinerja dan pertumbuhan perusahaan.

Lalu Bagaimana perhitungan di dalam Right Issue & Private Placement :

Mengenai topik ini, kamu dapat membaca contoh menghitung persentase kepemilikan saham setelah melakukan Right Issue atau Private Placement.

Semoga Informasi diatas dapat membantu kamu mengenal lebih jauh tentang right issue dan private placement, jika kamu memiliki pertanyaan atau komen/ saran tentang konten ini jangan lupa untuk meninggalkan jejak supaya kami dapat terus bisa memberikan yang terbaik.

No comments:

Post a Comment

Sebagai pengunjung blog yg baik jgn lupa y tinggalkan komentar, saran atau y itu gak usah dibilang agan2 semua tau kan, agar blog ini bisa terus memberikan informasi pada agan - agan semua.