Ada 8 Jenis Permintaan Yaitu :
a. Permintaan Negatif ( Negative Demand )
Dimana sebagian
besar pasar tidak menyukai produk dan bahkan pasar rela membayar agar produk
tersebut dihapuskan.
Tindakan manajer
pemasaran :
1.
Menganalisis
mengapa pasar tidak menyukai produk tersebut ?
2.
Apakah
suatu program pemasaran yang merancang ulang produk, harga yang rendah dan
promosi yang positif dapat mengubah kepercayaan dan sikap pasar ?
b. Tidak ada permintaan ( No Demand )
Dimana pasar
tidak merespon atas keluarnya produk tersebut.
Tindakan manajer
pemasaran :
“ menemukan cara
guna menghubungkan manfaat produk yang bersangkutan dengan
kebutuhan / minat alami seseorang ”.
c. Permintaan Terpendam ( Latent Demand )
Dimana sebagian
besar konsume tidak terpuaskan oleh produk yang ada. Contoh : konsumen mobil
memlki permintaan terpendam akan mobil yang irit dan murah.
Tindakan manajer
pemasaran :
“ mengukur
besarnya pasar potensial ini dan mengembangkan barang / jasa yang akan
memuaskan permintaan tersebut ”
d. Permintaan yang Menurun ( Falling Demand )
Dimana pasar
mulai kurang merespon produk.
Tindakan manajer
pemasaran :
“
meningkatkan kembali permintaan yang menurun melalui upaya pemsaran kembali
produk tersebut secara kreatif ”.
e. Permintaan yang tidak Beraturan ( Ireguler Demand )
Dimana di pasar
terjadi permintaan yang berubah – ubah, sehingga menimbuklan masalah kapasitas.
Tindakan manajer
pemasaran :
“ melakukan
penyelarasan permintaan ( syncromarketing), adalah menemukan cara untuk
mengubah pola waktu permintaan melalui penetapan harga yang fleksibel, promosi
dan rangsangan lain”.
f. Permintaan Penuh ( Full Demand )
Dimana pasar
merasa puas akan produk yang dikeluarkan.
Tindakan manajer
pemasaran :
“ mempertahankan
tingkat permintaan ini dalam menghadapi perubahan selera konsumen serta
meningkatkan persaingan”.
g. Permintaan yang berlebihan ( Overfull Demand )
Dimana
permintaan pasar atas produk tersebut melebihi batas kemampuan produksi produk
/ kemampuan melayani.
Tindakan manajer
pemasaran :
“ berusaha
menemukan cara untuk menurunkan permintaan semntara seperti menaikan harga
maupun mengurangi promosi”.
h. Permintaan yang tidak sehat ( unwholesome demand )
Dimana pasar
menyukai produk yangn tidak sehat.
Tindakan manajer
pemasaran :
“ menaikan harga
produk setinggi mungkin dan menggunakan promosi untuk memberikan gambaan akan
apa yang terjadi pada pengguna produk “
No comments:
Post a Comment
Sebagai pengunjung blog yg baik jgn lupa y tinggalkan komentar, saran atau y itu gak usah dibilang agan2 semua tau kan, agar blog ini bisa terus memberikan informasi pada agan - agan semua.