Yang Perlu Kalian Ketahui Tentang Dividen - Economics, Accounting, and Tax ( ECOTAX )

Terbaru

Saturday, June 1, 2019

Yang Perlu Kalian Ketahui Tentang Dividen


Hallo agan2 ecotax. Kali ini mimin ingin membahas seputar dividen. Seperti yang kita ketahui bulan mei – juni ini banyak perusahaan – perusahaan yang tercatat di IHSG akan membagikan dividen kepada para pemegang sahamnya.
Agan2 pasti sudah tahu apa itu dividen kan ?

Yup, dividen adalah % laba yang dihasilkan perusahaan selama kegiatan perusahaan tahun lalu yang disetujui akan dibagikan oleh para pemegang saham melalui RUPST.
\
Min, mengapa harus pake %, tentu pake %, soalnya dalam RUPST akan diumumkan/disetujui berapa % dari laba yang akan digunakan sebagai dividen dan berapa % yang akan digunakan sebagai ekspansi perusahaan ataupun laba ditahan.



Selain itu bagi agan2 trader saham pasti tidak asing dengan cum date, ex-date, recording date dan payment date. Tapi mimin kali ini memberikan ini kepada agan2 yang merasa asing terhadap hal tersebut dan memiliki rencana sebagai trader saham dalam waktu deskat. Berikut ini pengertian dari hal tersebut :

a.  Cum Date
Tanggal terakhir seseorang dapat mencatatkan diri sebagai pemegang saham. disini merupakan tanggal penentuan siapa2 saja yang berhak mendapatkan dividen.

b. Ex Date
tanggal setelah Cum Date. Disini agan2 tidak akan mendapatkan dividen jika membelinya pada tanggal tersebut.


c.  Recording Date
Tanggal pencatatan pemegang saham yang berhak mendapatkan dividen.

d.  Payment Date
Tanggal pembayaran/ distribusi dividen kepada para pemegang saham.

Walaupun dividen menggiurkan ada banyak kejadian dimana saat perusahaan akan membagikan dividen tersebut, malah harga saham perusahaan tersebut turun drastis, bagi seorang trader mungkin itu sebuah kerugian besar. Seperti yang dialami bukit asam Tbk yang sahamnya amblas 7,92 % persen (7/5/2019). Padahal hari pencatatan dividen ke-esokan harinya.


Yup, sekian dulu pembahasan kali ini semoga informasi ini berguna bagi agan2 semua, termasuk agan2 yang memiliki rencana sebagai trader saham. dukung dan share blog ini agar blog ini dapat terus memberikan informasi yang menarik dan bermanfaat lainnya bagi agan2. #MillenialInvestasi.#TraderSaham#Dividen

No comments:

Post a Comment

Sebagai pengunjung blog yg baik jgn lupa y tinggalkan komentar, saran atau y itu gak usah dibilang agan2 semua tau kan, agar blog ini bisa terus memberikan informasi pada agan - agan semua.