4 Cara Bijak Menggunakan Uang Tabunganmu - Economics, Accounting, and Tax ( ECOTAX )

Terbaru

Thursday, May 23, 2019

4 Cara Bijak Menggunakan Uang Tabunganmu


Hallo agan2 ecotax, kali ini ketemu lagi dengan postingan mimin yang terbaru. Mimin kali ini ingin mengangkat tema tentang “investasi”. Kok investasi min, kapan dong bahas akuntansi dan pajak lagi ? wait ....... agan2, jangan langsung ngambek gitu. Info yang mimin beri kasih mungkin berguna bagi loe pada. Bagi agan2 yang memiliki dana berlebih atau tabungan pasti pernah berpikir gimana sih membuat uang tabungan dapat berputar dan menghasilkan lebih banyak mengingat suku bunga simpanan di bank sangat kecil sekitar 0,3% - 1,30%. Seperti Gambar dibawah ini :



Oke tanpa basa – basi lagi ini dia 4  Cara bijak menggunakan Uang Tabunganmu ?
1.      Membeli SBN (Surat Berharga Negara)
Yup, pilihan pertama yang mungkin cocok bagi bro/sis adalah membeli Surat Berharga Negara. Selain tingkat bunga yang tinggi kisaran 6-8%, agan2 juga bisa memperdagangkan SBN tersebut jika bro/sis dalam keadaan gawat yang mungkin memerlukan uang segera.
Mengenai Info tentang seputar SBN bisa agan2 kunjungi : Sini

2.      Membeli Saham
Ya, kedua adalah saham. Saat ini 1 lot saham berisi 100 lembar saham, walaupun adan rencana BEI dalam waktu dekat ini akan membuat 1 lot berisi 20-50 Lembar Saham. Pada saham hal yang dapat agan2 jadikan keuntungan adalah dari capital gail dan Dividen.
Contoh Kasus: Capital Gain
Agan2 memiliki dana Rp10 juta dan digunakan untuk membeli salah satu saham perusahaan tbk yang sahamnya Rp1000/Lembar. Jadi agan2 memiliki 10.000 Lembar saham di perusahaan tersebut. Kebetulan 3 hari setelah agan membeli saham tersebut, harga saham tbk naik menjadi Rp1.050/Lembar Saham. Jadi jika gan menjual seluruh saham agan, maka capital gain agan Rp50 x 10.000 Lembar Saham = Rp500.000. itulah gambaran sederhana tentang capital gain.

Contoh Kasus : Dividen
Agan2 memiliki dana Rp10 Juta dan digunakan untuk membeli salah satu saham perusahaan tbk yang sahamnya Rp1000/Lembar di bulan Maret. Jadi agan2 memiliki 10.000 Lembar saham di perusahaan tersebut. dan hingga sekarang agan masih memegang saham. Kebetulan dibulan April di adakan RUPST/LB dimana disetujui bahwa pemegang saham hingga tanggal 25 April mendapatkan dividen 200/Lembar Saham. Jadi pendapatan dividen agan adalah 200 x 10.000 lembar = 2.000.000.

Untuk info tentang perusahaan- perusahaan Tbk kunjungi : sini.

3.      Memberikan Pinjaman kepada Orang Lain melalui Fintech P2P.
Yang terakhir, Meminjamkan kepada orang yang tidak dikenal mungkin hal yang tabu bagi agan2 karna takut akan uang yang dibawa kabur ataupun masalah lainnya. Apalagi menggunakan sistem internet. But wait..... agan2 gak perlu takut sudah ada beberapa Fintech P2P yang sudah diakui Otoritas Jasa Keuangan. Jadi agan2 gak perlu takut ketipu. Jadi selamat mencoba.

Min, kenapa yang diatas terakhir, bukanya agan buat 4  Cara bijak menggunakan Uang Tabunganmu, tenang gan, mimin tau kok. Yang keempat adalah deposito. Dimana tingkat bunga simpanan yang ditawarkan cukup tinggi yaitu kisaran 5-6,25% per tahun tergantung besarnya deposito yang agan lakukan. Kenapa ini mimin letakkan diposisi terakhir, dalam melakukan deposito diperlukan jumlah yang besar, yang mimin rasa terlalu sedikit orang yang mau nyimpan uang sebanyak itu, karna biasanya uang sebanyak itu digunakan untuk kegiatan usaha.
Berikut ini gambaran suku bunga deposito :



Sekian dulu pembahasan topik kita hari ini, semoga pembahasan topik kali ini bermanfaat bagi agan2 sekalian, jangan lupa untuk terus dukung blog ini agar dapat terus memberikan informasi menarik & bermanfaat lainnya.

No comments:

Post a Comment

Sebagai pengunjung blog yg baik jgn lupa y tinggalkan komentar, saran atau y itu gak usah dibilang agan2 semua tau kan, agar blog ini bisa terus memberikan informasi pada agan - agan semua.