Mengenal Bisnis-27, IDX 30, LQ 45 dan Kompas 100. - Economics, Accounting, and Tax ( ECOTAX )

Terbaru

Friday, August 21, 2020

Mengenal Bisnis-27, IDX 30, LQ 45 dan Kompas 100.

 Dalam bursa saham terdapat beberapa macam indeks yang mengelompokkan saham – saham yang terdaftar di bursa efek indonesia. Di bursa efek sendiri terdapat 35 jenis indeks, tapi mimin akan berbagi info 4 jenis indeks saja yang sering digunakan/ rekomendasi dalam berinvestasi di saham. tanpa basa – basi lagi inilah 4 jenis indeks yang dapat kamu gunakan sebagai referensi memiih saham.

1. Bisnis-27

Indeks yang mengukur kinerja harga dari 27 saham yang dipilih oleh Komite Indeks Bisnis Indonesia. Indeks BISNIS-27 diluncurkan dan dikelola berkerja sama dengan perusahaan media PT Jurnalindo Aksara Grafika (penerbit surat kabar harian Bisnis Indonesia). Indeks ini mengalami pembaharua/Evaluasi 6 bulan sekali yaitu setiap awal bulan Mei  dan Bulan November.

 

Kriteria Penilaian /Pemilihan:

a.       Berdasarkan Fundamental

   Kriteria fundamental yang dipertimbangkan dalam pemilihan saham-saham yang masuk dalam perhitungan Indeks Bisnis-27 adalah Laba Usaha, Laba Bersih, Return on Asset (ROA), Return on Equity (ROE) dan DER. Khusus untuk emiten di sektor Perbankan, akan dipertimbangkan juga faktor LDR dan CAR.

b.       Berdasarkan Teknikal atau Likuiditas Transaksi

Kriteria teknikal yang dipertimbangkan dalam pemilihan saham-saham yang masuk dalam perhitungan indeks Bisnis-27 adalah nilai, volume dan frekuensi transaksi serta jumlah hari transaksi dan kapitalisasi pasar.

c.        Berdasarkan Akuntabilitas dan Tata Kelola Perusahaan

Untuk meningkatkan kualitas pemilihan saham-saham yang masuk dalam indeks BISNIS-27, dibentuk suatu komite indeks yang anggotanya terdiri dari para pakar di bidang pasar modal maupun dari akademisi. Anggota komite indeks tersebut memberikan opini dari sisi akuntabilitas, tata kelola perusahaan yang baik maupun kinerja saham.

2. IDX-30

Indeks yang mengukur kinerja harga dari 30 saham yang memiliki likuiditas tinggi dan kapitalisasi pasar besar serta didukung oleh fundamental perusahaan yang baik.

Indeks ini melakukan evaluasi 6 bulan sekali yaitu awal bulan februari dan awal bulan agustus.

Kriteria Penilaian/Pemilihan :

a.       Telah tercacat di Bursa Efek minimal 3 bulan

b.       Masuk dalam 60 besar saham dengan transaksi terbesar di pasar reguler, yang mana setengahnya otomatis masuk IDX-30LQ-45

3. LQ-45

Indeks yang mengukur kinerja harga dari 45 saham yang memiliki likuiditas tinggi dan kapitalisasi pasar besar serta didukung oleh fundamental perusahaan yang baik. Indeks ini melakukan evaluasi 6 bulan sekali yaitu awal bulan februari dan awal bulan agustus.


Kriteria Penilaian/Pemilihan :

c.        Telah tercacat di Bursa Efek minimal 3 bulan

d.       Masuk dalam 60 besar saham dengan transaksi terbesar di pasar reguler, yang mana setengahnya otomatis masuk LQ 45. Sisanya berdasarkan

e.       Frekuensi Transaksi, kapitalisasi pasar, keuangan perusahaan, dan pertumbuhan perusahaan.


4. Kompas-100

Indeks yang mengukur kinerja harga dari 100 saham yang memiliki likuiditas yang baik dan kapitalisasi pasar yang besar. Indeks KOMPAS100 diluncurkan dan dikelola berkerja sama dengan perusahaan media Kompas Gramedia Group (penerbit surat kabar harian Kompas). Indeks ini melakukan evaluasi 6 bulan sekali yaitu awal bulan februari dan awal bulan agustus.

Saham-saham yang terpilih untuk dimasukkan dalam indeks Kompas100 ini selain memiliki likuiditas yang tinggi, serta nilai kapitalisasi pasar yang besar, juga merupakan saham-saham yang memiliki fundamental dan kinerja yang baik.


Saham-saham yang termasuk dalam Kompas100 diperkirakan mewakili sekitar 70-80% dari total Rp 1.582 triliun nilai kapitalisasi pasar seluruh saham yang tercatat di BEI. Dengan demikian, diharapkan investor bisa melihat kecenderungan arah pergerakan indeks dengan mengamati pergerakan indeks Kompas100.

Semoga informasi diatas dapat berguna bagimu dalam mengambil keputusan dalam memilih saham ataupun juga menambah pengetahuanmu seputar indeks di bursa saham. jangan lupa untuk membeikan kritik dan saran kalian agar blog ini daat terus meberikan informasi bermanfaat lainnya bagi kalian pembaca setia blog ini.

No comments:

Post a Comment

Sebagai pengunjung blog yg baik jgn lupa y tinggalkan komentar, saran atau y itu gak usah dibilang agan2 semua tau kan, agar blog ini bisa terus memberikan informasi pada agan - agan semua.