Apa itu Green Bond - Economics, Accounting, and Tax ( ECOTAX )

Terbaru

Friday, October 16, 2020

Apa itu Green Bond

 

Bagi kamu yang ingin berinvestasi tetapi juga menjaga lingkungan, mungkin Green Bond dapat menjadi pilihan yang tepat buat kamu. Green Bond secara definisi sama dengan obligasi biasa, yaitu suatu pernyataan utang dari penerbit obligasi ke pemegang obligasi yang mana untuk membayar kembali pokok utang disertai bunga saat jatuh tempo. Hanya penggunaannya saja yang berbeda dimana dana hasil penerbitan Green bond digunakan untuk membiayai kegiatan usaha yang berwawasan lingkungan (KUBL).

KUBL tersebut misalnya di sektor energi terbarukan atau efisiensi energi, pencegahan dan pengendalian polusi, green building, konservasi alam, pengendalian polusi dan adaptasi perubahan iklim, transportasi ramah lingkungan, dan aktivitas bisnis lainnya yang berwawasan lingkungan.

Untuk beberapa Negara, sebagai bentuk daya tarik Green Bond disertai insentif pajak seperti pembebasan pajak dan kredit pajak. Dengan demikian Green Bond mempunyai daya tarik lainnya dibandingkan dengan obligasi biasa. Insentif tersebut dapat memberikan insentif moneter untuk mengatasi masalah sosial seperti perubahan iklim dan pergerakan ke sumber energi terbarukan.



Untuk memenuhi syarat Green Bond harus diverifikasi oleh pihak ketiga seperti Dewan Standar Ikatan Iklim. Verifikasi tersebut diperlukan untuk menyatakan bahwa obligasi tersebut untuk mendanai proyek-proyek yang mencakup manfaat bagi lingkungan. Mengenai peraturan Green Bond di indonesia kamu dapat menbacanya di Peraturan Otoritas Jasa Keuangan No : 60/POJK.04/2017.

Sebagai contoh dari Green Bond :

Baru – Baru ini Star Energy Geothermal (Salak-Darajat) atau SEGSD anak usaha PT Barito PAcific Tbk. (BRPT) akan menerbitkan obligasi valas hingga US$1,11 miliar yang akan terbagi menjadi dua tranche.

Adapun seri A senilai US$320 juta dengan kupon sebesar 3,25 persen berjangka waktu 8,5 tahun yang akan jatuh tempo pada bulan April 2029. Sementara itu, seri B senilai US$790 juta dengan kupon sebesar 4,85 persen berjangka waktu 18 tahun yang akan jatuh tempo pada bulan Oktober 2038. Kedua tahap tersebut akan dicatat pada Singapore Exchange Securities Trading Limited.

Star Energy akan menggunakan dana obligasi global untuk melunasi sejumlah utang dan sebagian akan dialokasikan untuk belanja modal, modal kerja, dan kebutuhan lain yang terkait dengan operasional geothermal.

Lembaga pemeringkat internasional pun telah memberikan rating investment grade untuk green bond yang diterbitkan Stary Energy itu. Fitch Ratings telah menyematkan peringkat BBB- dengan outlook stabil, sedangkan Moody’s Investor Service menyematkan peringkat Baa3 dengan outlook stabil.

Jika kamu seorang yang berbasis dengan profit mungkin Green Bond bukanlah pilihan yang tepat sebagai portofolio investasimu karena kupon/bunga yang mereka tawarkan sangat rendah bahkan lebih rendah dari suku bunga pasar, namun jika kamu adalah seseorang investor yang mencintai lingkungan dan ingin berpartisipasi dalam menjaga lingkungan, Green Bond adalah pilihan tepat bagimu sebagai bagian dari portofolio investasi-mu.

Semoga Informasi diatas bermanfaat dan jangan lupa untuk terus dukung kami agar kami dapat terus memberikan informasi menarik dan bermanfaat lainnya tentang akuntansi, pajak dan investasi di postingan – postingan berikutnya.

No comments:

Post a Comment

Sebagai pengunjung blog yg baik jgn lupa y tinggalkan komentar, saran atau y itu gak usah dibilang agan2 semua tau kan, agar blog ini bisa terus memberikan informasi pada agan - agan semua.