Mengenal Indeks IDX ESG Leaders - Economics, Accounting, and Tax ( ECOTAX )

Terbaru

Tuesday, December 15, 2020

Mengenal Indeks IDX ESG Leaders

 

Baru – baru ini atau tepatnya tanggal 14 Desember 2020, Bursa Efek Indonesia  telah menetapkan 30 saham yang memiliki penilaian Environmental, Social, and Governance (ESG) yang baik, tidak terlibat pada kontroversi secara signifikan, memiliki likuiditas transaksi, serta kinerja keuangan yang baik, masuk menjadi konstituen awal IDX ESG Leaders.


Apa sih Sebenarnya Indeks IDX ESG Leaders ?

Indeks IDX ESG Leaders adalah indeks yang dibangun berdasarkan penilaian risiko ESG (Environmental, Social, and Governance) yang mengukur sejauh mana penerapan ESG dilakukan oleh Perusahaan Tercatat berdasarkan eksposur risiko di masing-masing bidang usaha. Bursa Efek Indonesia bekerjasama dengan Sustainalytics, lembaga independen terkemuka yang bergerak dalam bidang penelitian ESG dan tata kelola perusahaan, dalam penyediaan data ESG. Data ESG yang disediakan berupa penilaian risiko ESG dan analisis kontroversi yang akan menjadi dasar dalam penetapan konstituen Indeks IDX ESG Leaders.

Sumber Gambar : tendercapital.com

Lalu kriteria perusahaan seperti apa untuk dapat masuk IDX ESG Leaders ?

Tidak semua perusahaan yang sahamnya tercatat di Bursa Efek Indonesia dapat memasuki indeks tersebut, berikut ini beberapa kriteria untuk dapat masuk ke jajaran IDX ESG Leaders :

1. BEI menetapkan saham-saham semesta untuk pemilihan Indeks IDX ESG Leaders yaitu dari konstituen Indeks IDX80 yang memiliki skor risiko ESG dari Sustainalytics,

2.  Mengeluarkan saham-saham dengan kontroversi tinggi (kategori 4 dan 5),

3.   Mengeluarkan saham-saham dengan skor risiko ESG pada kategori tinggi (high) dan berat (severe),

4.  Dari saham-saham yang tersisa, berdasarkan nilai risiko ESG terendah ditentukan konstituen Indeks IDX ESG Leaders terpilih yaitu sebanyak paling sedikit 15 saham dan paling banyak 30 saham.

 

Apakah perusahaan yang sudah masuk IDX ESG Leaders bersifat tetap atau dapat berubah ?

Sama halnya dengan Indeks IDX lainnya jika sebuah perusahaan masih memenuhi kriteria IDX tersebut pada saat evaluasi maka dia dapat tetap di IDX tersebut, namun jika sudah tidak memenuhi kriteria maka perusahaan tersebut akan keluar dari IDX tersebut dan digantikan perusahaan lain yang memenuhi kriteria. Evaluasi berkala atas IDX ESG Leaders, yaitu Evaluasi Mayor akan dilakukan pada awal bulan Maret dan September, sedangkan Evaluasi Minor pada awal bulan Juni dan Desember. Hasil evaluasi indeks akan berlaku efektif di hari Rabu ketiga pada bulan evaluasi atau Hari Bursa setelahnya apabila bukan merupakan Hari Bursa.

 

Bagaimana metode Penilaian IDX ESG Leaders ?

 

Metode penghitungan Indeks IDX ESG Leaders menggunakan metode Capped Free Float Adjusted Market Capitalization Weighted & ESG Tilt Factored dengan diterapkan pembatasan bobot saham paling tinggi sebesar 15% yang disesuaikan pada saat evaluasi.

 

Semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan jangan lupa untuk terus dukung kami agar kami dapat terus memberikan informasi bermanfaat dan menarik lainnya seputar akuntansi, pajak dan investasi di postingan – postingan berikutnya.

No comments:

Post a Comment

Sebagai pengunjung blog yg baik jgn lupa y tinggalkan komentar, saran atau y itu gak usah dibilang agan2 semua tau kan, agar blog ini bisa terus memberikan informasi pada agan - agan semua.