Berinvestasi – Reksadana - Economics, Accounting, and Tax ( ECOTAX )

Terbaru

Saturday, December 15, 2018

Berinvestasi – Reksadana

Hallo ecotax lovers, kali ini admin ingin membahas tentang investasi. Kamu pasti tau apa itu investasikan?

Investasi adalah salah satu cara dalam mengembangkan jumlah uang atau harta yang Kamu miliki saat ini. Sederhananya, Kamu bermaksud untuk memperoleh dana lebih dari keuntungan di masa depan untuk mencapai tujuan tertentu.
Yup itulah gambaran umum investasi. Investasi saat ini mungkin sudah mulai menjadi salah satu bagian penting kehidupan masyarakat. Dimana saat ini masyarakat sudah mulai memikirkan dan mulai melakukan investasi. Investasi tidak lagi dilakukan oleh perusahaan atau pengusaha – pengusaha besar tetapi masyarakat umum bahkan mahasiswa sudah mulai melakukan investasi untuk masa depan yang lebih baik.

Namun masih banyak orang yang masih sulit untuk menentukan pilihan bidang investasinya karena pengetahuan investasinya belum cukup memadai atau takut akan memilih jenis investasi karena dibayangi isu penipuan atau lain-lain. Kali ini admin ingin memberikan satu bentuk investasi yang mungkin kamu ingin mencobanya. Yaitu :


Ya, Reksadana. Bisa dibilang jenis investasi ini sangat bagus bagi kamu yang tidak memiliki waktu untuk mengelola dana-mu atau pengetahuan investasi di pasar efek. Karena reksadana adalah jenis investasi dimana kamu dan orang lain (mungkin ratusan atau ribuan orang) mengumpulkan dana kalian agar dikelola oleh manager investasi.

Bagi kamu yang berminat untuk invetasi di reksadana setidaknya perlu tahun jenis reksadana yang cocok untuk tujuan dari investasimu. Berikut ini beberapa jenis reksadana :

a.      Reksadana Pasar Saham
Jika kamu berminat menginvestasikan uangmu dalam jangka waktu lama dan ingin mendapatkan keuntungan tinggi, mungkin  jenis reksadana ini cocok untukmu, karena di reksadana ini MI akan menempatkan dana investor ke saham. Yang tujuannnya memberikan keuntungan yang tinggi dalam jangka waktu panjang dengan cara mengkapitalisasi pasar modal.
Resikonya adalah kemungkinan turun tajamnya harga saham.
Jangka waktu : +5 Tahun

b.      Reksadana Campuran
Reksadana jenis ini tentu saja menggambarkan namanya campuran, dimana MI akan menempatkan dana investor ke saham, obligasi atau pasar uang. Tujuannnya pertumbuhan harga saham atau pegembalian stabil dari obligasi.
Sumber Gambar : Kelasinvestasi.Com


c.       Reksadana Pendapatan Tetap
Reksadana jenis ini adalah dimana MI akan menempatkan dana investor ke Obligasi atau surat utang lainnya. Tujuannya adalah mendapatkan tingkat pengembalian yang stabil.

d.      Reksadana Pasar Uang
Jika kamu bertujuan menginvestasikan uangmu kuran dari satu tahun, reksadana jenis ini adalah pilihan yang tepat untukmu. Dimana intrumen investasinya berupa deposito berjangka, SBI, Surat Berharga Pasar Uang dan lain-lain yang termasuk instrumen pasar uang.
Tingkat keuntungan yang diberikan biasanya kecil dari jenis reksadana lainnya dan memerlukan jumlah dana yang besar untuk dapat merasakan keuntungannya.

Itulah gambaran tentang jenis reksadana, adapun mengenai siapa itu MI maka bisa admin katakan Manager Investasi (MI) adalah perusahaan (berbadan hukum) yang sudah mendapatkan ijin dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan) mengelola dana melalui portofolio efek yang tertuang berdasarkan peraturan OJK No. /   /POJK.04/2013. Mengenai dalam memilih Manager Investasi (MI), Mimin perlu mengingatkan agar agan2 perlu melihat track record MI dalam memutuskan memberi dana-mu kepada MI tersebut. Kembali kebelakang mengenai tidak memiliki waktu belajar atau memonitor investasi setiap saat.

Jika kamu berinvestasi pada jual beli saham atau mungkin pasar uang secara pribadi kamu perlu aktif untuk secara rutin memeriksa kinerja pasar saham, karena dengan itu kamu bisa membuat keputusan untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal atas investasimu. Namun di reksa dana kamu tidak perlu rajin melihat atau mengecek kinerja investasi secara rutin sebab MI akan melaporkan kepada kamu mengenai kinerja investasi.

Para MI memiliki kewajiban untuk menghitung dan juga melaporkan kepada kamu investor berkaitan dengan berapakah nilai investasi reksadana yang ada di bursa setiap harinya. Mengapa harus setiap hari, karena memang nilai bursa setiap harinya berbeda, sehingga kamu investor harus mengetahui setiap saat berapakah posisi nilai investasi di reksadana. Karena MI memang harus menghitung dengan cara yang telah disepakati supaya memperoleh hasil perhitungan yang akurat dan juga adil.

Itulah gambaran umum yang saat ini bisa mimin berikan kepada kalian pengunjung Ecotaxlovers, terus dukung blog ini agar kami dapat memberikan postingan-postingan bermanfaat lainnya tentang reksadana atau bidang ecotax lainnya. See You Next Time

No comments:

Post a Comment

Sebagai pengunjung blog yg baik jgn lupa y tinggalkan komentar, saran atau y itu gak usah dibilang agan2 semua tau kan, agar blog ini bisa terus memberikan informasi pada agan - agan semua.