Mencapai Financial Freedom atau Pensiun Dini untuk menikmati hidup - Economics, Accounting, and Tax ( ECOTAX )

Terbaru

Tuesday, October 13, 2020

Mencapai Financial Freedom atau Pensiun Dini untuk menikmati hidup

 

Dalam membangun keuangan agar dimasa depan dapat merasakan Financial Freedom atau Pensiun Dini agar dapat menikmati hidup adalah sesuatu yang banyak diimpikan orang. Namun cukup sulit mencapainya jika kamu tidak memiliki perencanaan ataupun langkah untuk  melakukannya.

Seperti yang kita semua tahu banyak orang memiliki penghasilan besar di masa emasnya seperti olahragawan, penyanyi, pemain film, Pekerja dll , namun sulit bagi mereka untuk dapat mempertahankan keadaan tersebut, bahkan ketika masa emas mereka berakhir tidak jarang dari mereka memiliki kehidupan yang bangkrut atau memperhatinkan.

Karena itu perlu bagi diri kita membangun rencana keuangan kita sejak dini. Untuk menghindari kebangkrutan seandainya masa emas kita berakhir, salah satunya adalah dengan mulai melakukan investasi sejak dini. Namun sebelum melakukan investasi kamu perlu menjawab beberapa pertanyaan ini pada dirimu.

 


Source Gambar : telewanita.com

1.       Kemana kamu ingin pergi / Tujuan yang ingin kamu capai.

Ya, pertama – tama tanya pada dirimu sendiri kemana kamu ingin pergi / tujuan yang ingin kamu capai

Dan mungkin pertanyaan ini dapat membantu kamu dalam menentukan tujuan dirimu.

a.   Berapa umur-mu sekarang, dan umur berapa kamu berencana mencapai Financial Freedom atau Pensiun ?

b.      Berapa income yang kamu harapkan per bulan saat kamu pensiun ?

 

 

2.       Dimana kamu sekarang / Posisi-mu saat ini.

Jika kamu ingin menuju ke suatu tempat dengan menggunakan sebuah mobil kamu pasti memerlukan namanya GPS. Yang mana dalam menggunakan GPS kamu harus mengidentifikasi posisi kamu saat ini dan posisi yang ingin kamu tuju. Sama hal-nya untuk mengetahui dimana posisi keuangan-mu saat ini, kamu perlu menjawab 3 list di bawah ini beserta nilainya :

a.       Buat list tentang semua yang kamu miliki (Termasuk rumah, kendaraan, investasi dan Tabungan)

b.       Buat list tentang Semua Piutang kamu (termasuk kemungkinan mendapatkan harta warisan)

c.        Buat list tentang semua Utang kamu ( sepeti kartu kredit, sewa dan pinjaman lainnya)

 

3.       Seberapa besar toleransimu terhadap suatu resiko.

Dapatkah kamu tetap kokoh terhadap keputusan investasimu, atau fluktuasi pasar dan omongan teman/keluargamu dapat membuat kamu merubah keputusan-mu?

Jika yang terakhir adalah dirimu yang sebenarnya, maka kamu sepertinya memiliki toleransi yang rendah terhadap suatu resiko.

Saat kamu memilki toleransi yang rendah terhadap suatu resiko maka kamu juga perlu memcari investasi dengan resiko yang rendah atau kamu dapat berdiskusi dengan profesional keuangan.

 

4.       Apa rencana-mu ?

Hanya setelah 3 pertanyaan diatas dapat kamu jawab, maka kamu dapat mulai membangun rencana pensiun dinimu atau Financial Freedom-mu ?

Banyak orang langsung melompat ke Point 4, mengambil berbagai produk investasi sebagai portofolio mereka. Untuk membangun rencana keuanganmu kamu perlu memiliki pengetahuan keuangan yang baik atau kamu dapat menggunakan jasa Profesional keuangan untuk membantu-mu.

 

Oke semoga informasi tersebut dapat membantu, dan jangan lupa untuk terus dukung kami agar kami dapat terus memberikan informasi menarik dan bermanfaat lainnya seputar akuntansi, pajak dan investasi di postingan – postingan berikutnya.

No comments:

Post a Comment

Sebagai pengunjung blog yg baik jgn lupa y tinggalkan komentar, saran atau y itu gak usah dibilang agan2 semua tau kan, agar blog ini bisa terus memberikan informasi pada agan - agan semua.