Cara perhitungan menggunakan WACC - Economics, Accounting, and Tax ( ECOTAX )

Terbaru

Wednesday, November 4, 2020

Cara perhitungan menggunakan WACC

 

Seperti yang udah mimin bahas di postingan sebelumnya bahwasanya untuk mendapatkan WACC kita perlu dulu mengetahui Cost of Equity dan Cost of Debt.


Cost of Equity (Biaya Ekuitas)

Cost of Equity (Biaya Ekuitas) sedikit rumit untuk dihitung karena modal saham tidak mengandung biaya "eksplisit". Berbeda dengan hutang, ekuitas/saham tidak memiliki harga konkret yang harus dibayar perusahaan. Namun, itu tidak berarti bahwa tidak ada biaya ekuitas. Pemegang saham biasa mengharapkan pengembalian tertentu atas investasi mereka di perusahaan. Tingkat pengembalian yang diminta pemegang saham seringkali dianggap sebagai biaya karena pemegang saham akan menjual saham mereka jika perusahaan tidak memberikan pengembalian yang diharapkan. Akibatnya, harga saham akan turun. Cost of Equity (Biaya ekuitas) pada dasarnya adalah biaya yang dikeluarkan perusahaan untuk mempertahankan harga saham yang dapat memuaskan investor. Atas dasar ini, metode yang paling umum digunakan untuk menghitung biaya ekuitas adalah menggunakan Capital Asset Pricing Model (CAPM) :

 


Penjelasan Rumus diatas :

·                     RfRisk Free Rate

Nilai tersebut diperoleh dari investasi pada sekuritas yang dianggap bebas dari risiko kredit, seperti obligasi pemerintah. Suku bunga BI dapat digunakan sebagai proksi untuk suku bunga bebas risiko.

 

·                     β- Beta

Ini mengukur seberapa besar reaksi harga saham perusahaan terhadap pasar secara keseluruhan. Beta 1, misalnya, menunjukkan bahwa harga saham bergerak sejalan dengan pasar. Jika beta lebih dari 1, berarti harga saham dilebih –lebihkan oleh pergerakan pasar; kurang dari 1 berarti harga saham lebih stabil. Kadang-kadang, sebuah perusahaan mungkin memiliki beta negatif (mis., Perusahaan pertambangan emas), yang berarti harga saham bergerak berlawanan arah dengan kondisi pasar secara umum.

 

Untuk perusahaan publik, kamu dapat menemukan layanan database yang menerbitkan beta perusahaan. Beberapa layanan berbayar memberikan hasil yang lebih baik dalam memperkirakan beta. Jika kamu mungkin tidak ingin untuk berlangganan layanan estimasi beta, situs Bloomberg dan Ibbotson dapat membantumu melihat proses yang mereka gunakan untuk menghitung beta "dasar".

 

·                     (Rm – Rf) – Equity Market Risk Premium /EMRP

EMRP mewakili pengembalian yang diharapkan investor sebagai imbalan bagi mereka yang berinvestasi di pasar saham . Dengan kata lain, itu adalah perbedaan antara Risk Free Rate dan Rate Pasar.

 

 

Cost of Debt (Biaya Hutang)

 

Dibandingkan dengan biaya ekuitas, biaya hutang cukup mudah untuk dihitung. Cost of debt (Rd) adalah besarnya suku bunga utang saat ini yang dibayar perusahaan untuk melunasinya. Jika perusahaan belum membayar, besarnya utang yang dibayarkan oleh perusahaan harus diperkirakan.

 

Karena perusahaan mendapatkan keuntungan dari pengurangan pajak yang tersedia atas bunga yang dibayarkan, biaya bersih hutang sebenarnya adalah bunga yang dibayarkan dikurangi potongan pajak yang dihasilkan dari pembayaran bunga yang dapat dikurangkan dari pajak. Oleh karena itu, biaya hutang setelah pajak adalah Rd (1 - tarif pajak perusahaan).


WACC adalah rata-rata tertimbang dari biaya ekuitas dan biaya hutang berdasarkan proporsi hutang dan ekuitas dalam struktur modal perusahaan. Proporsi hutang diwakili oleh D / V, rasio yang membandingkan hutang perusahaan dengan nilai total perusahaan. Proporsi ekuitas diwakili oleh E / V, rasio yang membandingkan ekuitas perusahaan dengan nilai total perusahaan. WACC diwakili oleh rumus berikut:

 


WACC perusahaan adalah hasil dari campuran antara hutang dan ekuitas dan biaya hutang dan ekuitas tersebut. Di satu sisi, dalam beberapa tahun terakhir, penurunan suku bunga telah mengurangi WACC perusahaan. Di sisi lain, serentetan bencana perusahaan seperti accounting fraud yang telah terjadi pada enron dan Worldcom telah meningkatkan persepsi risiko investasi saham.


Berhati-hatilah: rumus WACC tampaknya lebih mudah dihitung daripada yang sebenarnya. Sama seperti dua orang yang hampir tidak akan pernah menafsirkan sebuah karya seni dengan cara yang sama, jarang ada dua orang yang mendapatkan WACC yang sama. Bahkan jika dua orang mencapai WACC yang sama, semua penilaian dan metode penilaian yang diterapkan lainnya kemungkinan akan memastikan bahwa masing-masing memiliki pendapat yang berbeda mengenai komponen yang membentuk nilai perusahaan.


Oke semoga informasi ini dapat berguna dan jangan lupa untuk terus dukung kami agar kami dapat terus memberikan informasi bermanfaar dan menaarik lainnya seputar akuntansi, pajak, dan investasi di postingan – postingan berikutnya.

No comments:

Post a Comment

Sebagai pengunjung blog yg baik jgn lupa y tinggalkan komentar, saran atau y itu gak usah dibilang agan2 semua tau kan, agar blog ini bisa terus memberikan informasi pada agan - agan semua.