WACC Penting Bagi Seorang Investor - Economics, Accounting, and Tax ( ECOTAX )

Terbaru

Tuesday, November 3, 2020

WACC Penting Bagi Seorang Investor

 

Diera dotcom ada prediksi yang mengatakan Indeks Down Jones (DJI) dapat melonjak hingga 30.000, Namun saat itulah pasar kehilangan dirinya karena hype.  Gelembung dotcom mengingatkan semua orang bahwa sudah waktunya untuk kembali ke Fundamental. Secara khusus, inilah saatnya untuk melihat aspek kunci dari penilaian saham, yaitu  biaya modal rata-rata tertimbang (WACC).

Mengerti WACC.

Pendanaan modal perusahaan terdiri dari dua komponen: hutang dan ekuitas. Pemberi pinjaman dan pemegang ekuitas mengharapkan pengembalian dana atau modal tertentu yang mereka berikan. Biaya modal adalah pengembalian yang diharapkan oleh pemilik ekuitas (atau pemegang saham) dan  pemberi pinjaman (Debtholders); jadi, WACC memberi tahu kita hasil yang diharapkan kedua pemangku kepentingan. WACC mewakili peluang investor untuk mengambil risiko memasukkan uang ke dalam perusahaan, dengan mendapatkan return yang memuaskan.

Untuk memahami WACC, pikirkan perusahaan sebagai tas yang berisi uang. Uang di dalam tas berasal dari dua sumber: hutang dan ekuitas. Uang dari operasional bisnis bukan merupakan sumber ketiga karena, setelah membayar hutang, sisa uang tunai tidak dikembalikan kepada pemegang saham dalam bentuk dividen, melainkan disimpan di kantong atas nama mereka. Jika pemegang hutang membutuhkan pengembalian 10% atas investasi mereka dan pemegang saham membutuhkan pengembalian 20%, maka, proyek yang didanai oleh tas tersebut harus memberikan pengembalian rata – rata 15% untuk memenuhi hutang dan pemegang ekuitas. 15% tersebut  adalah WACC.

Jika  uang yang didalam tas adalah $ 50 berasal dari debtholders, $ 50 dari pemegang saham, sehingga total $ 100 dan diinvestasikan dalam sebuah proyek, pengembalian dari proyek ini harus mengembalikan $ 5 setahun kepada debtholders dan $ 10 setahun kepada pemegang saham untuk memenuhi harapan debtholder dan pemegang saham. Ini akan membutuhkan pengembalian total $ 15 setahun, atau WACC 15%.

 


WACC sebagai alat Investasi.

Analis sekuritas menggunakan WACC saat menilai dan memilih investasi. Misalnya, dalam analisis arus kas diskonto (DCF), WACC digunakan sebagai tingkat diskonto yang diterapkan pada arus kas masa depan untuk memperoleh nilai bersih saat ini. WACC dapat digunakan sebagai tingkat minimum keuntungan untuk menilai kinerja ROIC (Return Of Investment Capital). WACC juga memainkan peran kunci dalam perhitungan Economic Value Added (EVA).

Investor menggunakan WACC sebagai alat untuk memutuskan apakah akan berinvestasi. WACC mewakili tingkat pengembalian minimum, di mana apakah perusahaan dapat menghasilkan nilai bagi investornya. Katakanlah sebuah perusahaan memiliki tingkat pengembalian 20% dan WACC 11%. Untuk setiap $ 1 yang diinvestasikan perusahaan, perusahaan menghasilkan nilai $ 0,09, sehingga dapat dikatan layak untuk berinvestasi di perusahaan tersebut.  Sebaliknya, jika tingkat pengembalian lebih rendah dari WACC-nya, nilai perusahaan turun, yang menunjukkan bahwa itu adalah investasi yang tidak menguntungkan.

WACC berfungsi sebagai pemeriksa realitas yang berguna bagi investor. Terus terang, investor rata-rata mungkin tidak akan repot menghitung WACC karena memerlukan banyak informasi perusahaan yang terperinci. Walaupun demikian, ini membantu investor jika memahami arti WACC ketika mereka melihatnya dalam laporan analis broker.

Untuk mendapatkan WACC, investor perlu mengetahui Cost of Equity dan Cost of Debt, namun mimin tidak akan menjelaskannya disini, tetapi membuat postingan khusus cara menghitung WACC di postingan berikutnya.

Semoga informasi diatas bermanfaat dan jangan lupa untuk terus dukung kami agar kami dapat memberikan informasi bermanfaat dan menarik lainnya seputar akuntansi, pajak dan investasi postingan berikutnya

No comments:

Post a Comment

Sebagai pengunjung blog yg baik jgn lupa y tinggalkan komentar, saran atau y itu gak usah dibilang agan2 semua tau kan, agar blog ini bisa terus memberikan informasi pada agan - agan semua.