Mengenal Indeks MSCI dan Perubahan Harga Saham - Economics, Accounting, and Tax ( ECOTAX )

Terbaru

Wednesday, November 11, 2020

Mengenal Indeks MSCI dan Perubahan Harga Saham

 

Kali ini mimin akan membahas indeks MSCI yang baru saja melakukan perombakan terhadap daftar emiten di MSCI Global Standar Index dan MSCI Small Capital Index. Untuk informasi Indeks MSCI (Morgan Stanley Capital International) adalah Indeks yang dibuat oleh Morgan Stanley Capital international untuk mengukur kinerja pasar di wilayah (negara) tertentu yang ditetapkan sesuai standar perhitungan Morgan Stanley Capital International.

Indeks MSCI membuat para emiten (perusahaan) yang termasuk dalam indeks tersebut masuk dalam radar investor global, jadi saat ada perombakan daftar anggota indeks MSCI sering terjadi perubahan harga saham yang cukup signifikan. Indeks MSCI indonesia melakukan perombakan 2 kali setahun yaitu pada bulan mei dan november.

Dalam pengumuman Morgan Stanley pada Selasa (10/11/2020), lembaga tersebut memasukkan sejumlah besar pendatang baru dalam daftar MSCI Global Small Cap Index dan mengeluarkan beberapa emiten.

Saham pendatang baru itu adalah PT Bank BRI Syariah Tbk. (BRIS), PT Metro Healthcare Indonesia Tbk. (CARE), PT Smartfren Telecom Tbk. (FREN), dan PT Timah Tbk. (TINS).

4 emiten dari daftar MSCI Global Small Cap Index yang dikeluarkan, yaitu saham PT Matahari Department Tbk. (LPPF), PT Pelayaran Tamarin Samudra Tbk. (TAMU), PT Ramayana Lestari Sentosa Tbk. (RALS), dan PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk. (SSMS).

Berikut ini kinerja saham pada indeks MSCI Global Small Cap tersebut setelah penutupan pasar hari ini :

 



Morgan Stanley mengeluarkan 2 emiten asal Indonesia dari MSCI Global Standard Index. Adapun, dua emiten tersebut adalah PT HM Sampoerna Tbk. (HMSP) dan PT XL Axiata Tbk. (EXCL). Namun, PT XL Axiata Tbk (EXCL) yang langsung masuk ke dalam MSCI Global Small Cap Index.

Selain itu, Morgan Stanley pun memasukkan saham PT Merdeka Copper Gold Tbk. (MDKA) dan PT Sarana Menara Nusantara Tbk. (TOWR) ke dalam MSCI Global Standard Index menggantikan kedua saham yang terdepak.

Berikut ini kinerja saham pada indeks MSCI Global Standard Indeks tersebut setelah penutupan pasar hari ini :

 


Seperti yang kamu lihat terjadi perubahan harga signifikan terhadap perombakan Indeks MSCI, jadi kamu bisa memberikan perhatian khusus saat adanaya rebalancing (perombakan) indeks MSCI. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan jangan lupa untuk terus dukung kami agar kami dapat terus memberikan informasi bermanfaat & menarik lainnya seputar akuntansi, pajak dan investasi di postingan – postingan selanjutnya.

No comments:

Post a Comment

Sebagai pengunjung blog yg baik jgn lupa y tinggalkan komentar, saran atau y itu gak usah dibilang agan2 semua tau kan, agar blog ini bisa terus memberikan informasi pada agan - agan semua.