Mengenal Reksa Dana Pendapatan Tetap (Fixed Income Fund) - Economics, Accounting, and Tax ( ECOTAX )

Terbaru

Wednesday, November 18, 2020

Mengenal Reksa Dana Pendapatan Tetap (Fixed Income Fund)

 

Reksa Dana Pendapatan Tetap (Fixed income Fund) adalah salah satu jenis reksa dana. Sebagai informasi Reksa dana secara umum terbagi 4 jenis yaitu reksa dana pendapatan tetap, reksa dana saham, reksa dana pasar uang dan reksa dana campuran. Namun kali ini mimin akan fokus membahas mengenai reksa dana pendapatan tetap.


Apa itu Reksa Dana Pendapatan Tetap ?

Reksa Dana Pendapatan Tetap adalah reksa dana yang isinya minimal 80% merupakan efek bersifat utang seperti obligasi atau  sukuk, yang mana biasanya jangka waktu investasinya adalah 1 – 3 tahun.


Seperti namanya reksadana pendapatan tetap, obligasi atau sukuk yang merupakan isi dari reksadana pendapatan tetap akan memberikan pengembalian yang tetap. penerbit surat utang atau instrumen investasi lainnya memberikan pembayaran bunga (kupon) secara konsisten dan tetap pada investor. Bunga yang diterima dari instrumen investasi tersebut kemudian diinvestasikan kembali oleh manajer investasi agar keuntungannya menjadi semakin optimal.

 


Kelebihan Reksa Dana Pendapatan Tetap

Reksa Dana adalah jenis investasi yang tergolong aman. Kelebihan yang bisa didapatkan investor Reksa Dana Pendapatan Tetap daripada Reksa dana jenis lainnya adalah kecilnya resiko investasi yang diterima investor daripada reksadana saham, reksa dana pasar uang dan reksa dana campuran yang sering mengalami perubahan harga yang membuat NAB (Nilai Aktiva Bersih) sering berubah.

 

Memilih Reksa Dana Pendapatan Tetap :

Ada beberapa pendekatan atau penilaian yang dapat anda lakukan untuk memilih produk investasi reksa dana pendapatan tetap yang baik, yaitu :

a.    Lihat Reputasi dan Manajemen Manajer Investasi

Tentu saja kita semua tahu bahwa untuk mempercayakan investasi kita maka kita perlu melihat reputasi dan kinerja dari Manajamen Investasi, jangan sampai investasi kita ditempatkan ditangan yang salah.

 

b.    AUM (Asset Under Management )  > 100 M

total nilai pasar yang diperoleh ketika para investor memercayakan seluruh investasinya kepada manajer investasi. Masing-masing perusahaan punya definisi maupun formula perhitungan AUM berbeda-beda.

c.   Sharpe Trend Positif

Sharpe ratio merupakan pengukuran kinerja reksa dana berdasarkan perbandingan antara return dan risiko. Semakin tinggi nilai sharpe ratio, maka semakin baik kinerja reksa dana.

 

d.    Drawdown < 10%

Drawdown atau penurunan NAB reksadana harus kurang dari 10% pertahun.

 

Cara membeli Reksa Dana Pendapatan Tetap :

Jika anda tertarik untuk membeli reksadana pendapatan tetap, anda dapat membelinya melalui APERD (Agen Penjual Efek Reksa Dana), melalui offline ataupun online.

1.    APERD Offline

·      BANK

·      Manajer Investasi

·      Kantor Sekuritas, Dll

 

2.    APERD Online

·       Bareksa

·      Tanam Duit

·       IPOT, Dll

 

Semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan jangan lupa untuk terus dukung kami agar kami dapat terus memberikan informasi menarik dan bermanfaat lainnya seputar akuntansi, pajak dan investasi di postingan berikutnya.

No comments:

Post a Comment

Sebagai pengunjung blog yg baik jgn lupa y tinggalkan komentar, saran atau y itu gak usah dibilang agan2 semua tau kan, agar blog ini bisa terus memberikan informasi pada agan - agan semua.