Mengetahui Beda Akuntansi Keuangan dengan Akuntansi Manajemen - Economics, Accounting, and Tax ( ECOTAX )

Terbaru

Sunday, November 8, 2020

Mengetahui Beda Akuntansi Keuangan dengan Akuntansi Manajemen

 

Kembali lagi dengan mimin ecotax, Seperti yang kita semua ketahui bahwa disiplin ilmu akuntansi terdiri dari 4 cabang yaitu akuntansi keuangan, akuntansi manajemen, akuntansi pajak dan audit. kali ini mimin ingin membahas tentang perbedaan antara akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen. Meskipun banyak kesamaan dalam pendekatan dan penggunaan, ada perbedaan yang signifikan di antara keduanya. Perbedaan ini berpusat di sekitar kepatuhan, standar akuntansi, dan target audiens.

 

Tujuan dari Akuntansi Keuangan dan Akuntansi Manajemen.

Tujuan utama akuntansi manajemen adalah menghasilkan informasi yang berguna untuk penggunaan internal perusahaan. Manajer mengumpulkan informasi yang mendorong perencanaan strategis, yang membantu mereka menetapkan tujuan yang realistis, dan mendorong pengarahan sumber daya perusahaan secara efisien.


Akuntansi keuangan memiliki beberapa kegunaan internal juga, tetapi jauh lebih utama memberikan informasi orang-orang di luar perusahaan. Laporan keuangan yang dihasilkan melalui akuntansi keuangan dirancang untuk mengungkapkan kinerja bisnis dan kesehatan keuangan perusahaan. Jika akuntansi manajemen dibuat untuk manajemen perusahaan, akuntansi keuangan dibuat untuk investor, kreditor, dan regulator industrinya.



Informasi yang dibuat dengan akuntansi keuangan sepenuhnya bersifat historis; laporan keuangan berisi data untuk periode waktu tertentu (Biasanya  1 Tahun).  Investor dan kreditor sering menggunakan laporan keuangan untuk membuat prakiraan mereka sendiri. Dengan kata lain, akuntansi keuangan tidak sepenuhnya melihat ke historis tetapi juga memprediksi masa depan.


Akuntansi manajemen melihat kinerja masa lalu dan membuat prakiraan (prediksi masa depan) bisnis. Keputusan bisnis berdasarkan informasi  akuntansi ini.

 

Peraturan /Regulasi

Perbedaan praktis terbesar antara akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen berkaitan dengan status hukumnya. Laporan yang dihasilkan melalui akuntansi manajemen hanya diedarkan secara internal. Setiap perusahaan bebas membuat sistem dan aturannya sendiri pada laporan manajemen. Ini berarti tidak ada sistem terpusat yang mengatur laporan, dan seringkali perlu waktu lebih lama untuk menemukan apa yang Anda butuhkan.

 

Sebaliknya, laporan akuntansi keuangan sangat diatur, terutama laporan laba rugi, neraca, dan laporan arus kas. Karena informasi ini dirilis untuk konsumsi publik dan sangat diantisipasi oleh investor, perusahaan harus sangat berhati-hati tentang bagaimana mereka membuat perhitungan, bagaimana angka-angka dilaporkan, dan bagaimana urutan dalam laporan tersebut dibuat.


Dewan Standar Akuntansi Keuangan / DSAK IAI bersama OJK (Otoritas Jasa Keuangan), menetapkan aturan akuntansi keuangan untuk perusahaan Publik (Sahamnya tercatat di BEI). Aturan ini adalah PSAK-IFRS.


Melalui aturan ini, maka terjadi keseragaman dalam membuat laporan keuangan yang dibuat perusahaan publik sehingga investor dan kreditor dapat membandingkan perusahaan secara langsung berdasarkan laporan keuangan mereka. Selain itu, laporan keuangan dirilis dengan jadwal yang teratur, sehingga menciptakan konsistensi informasi.

 

Detailnya Laporan

Untuk berbagai alasan, laporan akuntansi keuangan cenderung digabungkan, diringkas, dan digeneralisasikan. Informasi secara bersamaan menjadi kurang terbuka. Ini tidak terjadi dengan akuntansi manajemen karena laporan akuntansi manajemen sangat rinci, teknis, spesifik, dan seringkali bersifat eksperimental. Perusahaan selalu mencari keunggulan kompetitif, sehingga mereka memeriksa banyak informasi yang membingungkan bagi pihak luar.

 

Semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan jangan lupa untuk terus dukung kami agar kami dapat terus memberikan informasi bermanfaat dan menarik lainnya seputar akuntansi, pajak, dan investasi di postingan berikutnya .

No comments:

Post a Comment

Sebagai pengunjung blog yg baik jgn lupa y tinggalkan komentar, saran atau y itu gak usah dibilang agan2 semua tau kan, agar blog ini bisa terus memberikan informasi pada agan - agan semua.