Mengenal Pasar Modal - Economics, Accounting, and Tax ( ECOTAX )

Terbaru

Friday, November 6, 2020

Mengenal Pasar Modal

 

Apa itu Pasar Modal ?


Pasar modal merupakan wadah dimana tabungan dan investasi disalurkan antara pihak yang memiliki modal dan pihak yang membutuhkan modal. pihak yang memiliki modal antara lain investor ritel dan institusi sedangkan yang mencari modal adalah perusahaan dan pemerintah.


Pasar modal terdiri dari pasar primer dan sekunder. Pasar modal yang paling umum adalah pasar saham dan pasar obligasi. Pasar modal berupaya meningkatkan efisiensi transaksional. Pasar-pasar ini menyatukan mereka yang memiliki modal dan mereka yang mencari modal dan menyediakan tempat di mana entitas dapat bertukar surat berharga (Saham / Obligasi).

 


Mengerti tentang Pasar Modal ?

Istilah pasar modal secara luas didefinisikan sebagai tempat di mana berbagai entitas memperdagangkan instrumen keuangan yang berbeda. Instrumen keuangan ini termasuk saham, obligasi, dan mata uang asing /valuta asing. Sebagian besar pusat keuangan utama berada di  New York, London, Singapura, dan Hong Kong.


Pasar modal terdiri dari pemilik dan pengguna dana. Pemilik termasuk rumah tangga dan lembaga pelayanan  seperti perusahaan dana pensiun, perusahaan asuransi jiwa, yayasan amal, dan perusahaan non-keuangan yang menghasilkan uang tunai melebihi kebutuhan investasi mereka. Pengguna dana termasuk perusahaan dan pemerintah yang mendanai investasi infrastruktur dan biaya operasional.


Pasar modal digunakan untuk menjual produk keuangan seperti saham dan obligasi. Saham merupakan bukti kepemilikan modal dalam suatu perusahaan. Obligasi adalah surat penjanjian (IOU) berbunga.


Pasar  ini dibagi menjadi dua kategori yang berbeda: pasar primer — di mana saham  dan obligasi baru dijual kepada investor — dan pasar sekunder, yang memperdagangkan surat berharga yang sudah ada.


Pasar modal adalah bagian penting dari ekonomi modern yang berfungsi karena mereka memindahkan uang dari orang-orang yang memilikinya ke mereka yang membutuhkannya untuk penggunaan yang produktif.

 

Pasar Primer & Pasar Sekunder

Pasar modal terdiri dari pasar primer dan sekunder. Mayoritas pasar primer dan sekunder modern adalah platform elektronik berbasis komputer.


Pasar primer (perdana) adalah dimana investor yang membeli surat berharga langsung dari perusahaan penerbitnya. Surat berharga ini dianggap sebagai penawaran utama / penawaran umum perdana (IPO). Ketika sebuah perusahaan go public, ia menjual saham dan obligasi kepada investor berskala besar dan institusional seperti hedge fund dan reksa dana, sangat sedikit investor ritel akan mendapatkan jatah dari IPO tersebut, namun dengan peraturan baru yang dikeluarkan OJK melalui e-IPO per 01 Januari 2021 akan besar kemungkinan investor ritel dapat membeli saham IPO tesebut.


Pasar sekunder, di sisi lain, termasuk tempat yang diawasi oleh badan pengatur seperti Otoritas Jasa Keuangan (OJK)  di mana sekuritas yang ada atau sudah diterbitkan diperdagangkan antara investor. Perusahaan penerbit tidak memiliki bagian di pasar sekunder. Bursa Efek Indonesia adalah contoh pasar sekunder.


Oke semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan jangan lupa untuk terus dukung kami agar kami dapat terus memberikan postingan menarik dan bermanfaat lainnya seputar akuntansi, pajak dan investasi di postingan – postingan selanjutnya.

No comments:

Post a Comment

Sebagai pengunjung blog yg baik jgn lupa y tinggalkan komentar, saran atau y itu gak usah dibilang agan2 semua tau kan, agar blog ini bisa terus memberikan informasi pada agan - agan semua.