Mengenal Apa itu Siklus Akuntansi - Economics, Accounting, and Tax ( ECOTAX )

Terbaru

Tuesday, December 8, 2020

Mengenal Apa itu Siklus Akuntansi

 

Kamu pasti tidak asing lagi dengan kata Laporan Keuangan, dimana laporan keuangan merupakan informasi yang merangkum seluruh aktivitas/ kegiatan perusahaan. Laporan keuangan bukanlah sesuatu yang langsung ada tetapi ada setelah melalui suatu siklus, yang mana kita sebut sebagai siklus akuntansi.

Siklus akuntasi dapat kita bagi menjadi 3 tahap yaitu tahap pencatatan, tahap pengikhtisaran dan tahap pelaporan.

A.      Tahap Pencatatan

Tahap pencatatan merupakan awal dari siklus akuntansi. Adanya transaksi atau kejadian yang harus dicatat. Transaksi merupakan tindakan yang mengakibatkan perubahan aset, liabilitas dan ekuitas yang berhubungan dengan pihak asing (luar). Kejadian adalah tindakan yang terjadi di dalam perusahaan.

 

Sebelum transaksi dapat dicatat harus ada bukti transaksi yang disebut sebagai dokumen sumber yang akan menjadi bukti pembukuan. Sebelum dilakukan pencatatan bukti transaksi tersebut harus diteliti terlebih dahulu keabsahannya. Setelah itu dapat dilakukan pencatatan melalui jurnal berdasarkan urutan waktu.


 

B.      Tahap Pengikhtisaran

Tahap selanjutnya setelah tahap pencatatan, dimana tahap pengikhtisaran terdiri dari :

1.       Neraca Saldo, merupakan daftar akun yang berisi saldo – saldo dari rekening buku besar

2.       Jurnal Penyesuaian, digunakan untuk memperbaharui data perkiraan yang terdapat dibuku besar.

3.       Jurnal Penutup, digunakan untuk menutup rekening nominal yang terdapat dalam laba rugi.

4.     Necara Saldo Penutupan, setelah buku besar ditutup maka dapat dihitung saldo dalam buku besar dan dapat disusun neraca saldo setelah penutupan. Hal ini sekaligus berfungsi sebagai pengontrol kebenaran jumlah debit dan kredit.

 




C.      Tahap Pelaporan

Tahap pelaporan merupakan akhir dari siklus akuntansi yang menghasilkan laporan keuangan.dimana laporan keuangan mencerminkan kondisi keuangan dan hasil operasi perusahaan.

 


 

Semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan jangan lupa untuk terus dukung kami agar kami dapat terus memberikan informasi menarik dan bermanfaat lainnya di postingan selanjutnya tentang akuntansi, pajak dan investasi.

No comments:

Post a Comment

Sebagai pengunjung blog yg baik jgn lupa y tinggalkan komentar, saran atau y itu gak usah dibilang agan2 semua tau kan, agar blog ini bisa terus memberikan informasi pada agan - agan semua.