Tahu Apa itu Accounting Rate of Return (ARR) - Economics, Accounting, and Tax ( ECOTAX )

Terbaru

Tuesday, December 8, 2020

Tahu Apa itu Accounting Rate of Return (ARR)

 

Accounting rate of return (ARR) adalah rumus yang mencerminkan tingkat persentase pengembalian yang diharapkan atas suatu investasi/aset, dibandingkan dengan biaya investasi awal. Rumus ARR membagi laba rata-rata dari investasi dengan biaya investasi awal perusahaan untuk mendapatkan rasio atau pengembalian yang mungkin diharapkan selama masa pakai aset, atau proyek investasi. ARR tidak mempertimbangkan nilai waktu dari uang atau arus kas, yang dapat menjadi bagian penting dari menjalankan bisnis.

Rumus ARR ?


 

Yang perlu kamu ketahui tentang menghitung Accounting Rate of Return :

A. Menghitung Laba bersih investasi berasal dari menghitung semua pendapatan dikurangi biaya selama masa investasi.

B. Jika investasi dilakukan pada aset tetap seperti PP&E (Property, Plant & Equipment), hitung biaya penyusutan tahunan kemudian kurangkan dengan pendapatan tahunan untuk mendapat laba bersih tahunan.

 

Apa yang dapat kamu ketahui melalui ARR ?

Accounting rate of return (ARR) adalah metrik penganggaran yang berguna jika kamu ingin menghitung profitabilitas investasi dengan cepat. Suatu Bisnis menggunakan ARR terutama untuk membandingkan beberapa proyek untuk menentukan tingkat pengembalian yang diharapkan dari setiap proyek, atau untuk membantu memutuskan investasi atau akuisisi.

 

Keterbatasan dari ARR ?

Accounting rate of return (ARR) sangat membantu dalam menentukan tingkat persentase pengembalian tahunan proyek. Namun, kalkulasi tersebut memiliki keterbatasan.

ARR tidak mempertimbangkan nilai waktu uang (TVM). Nilai waktu dari uang adalah konsep bahwa uang yang tersedia pada saat ini lebih berharga dari jumlah yang sama di masa depan karena potensi kapasitas penghasilannya. Accounting rate of return (ARR) juga tidak mempertimbangkan peningkatan risiko & ketidakpastian terhadap proyek jangka panjang.

 

Cara Perhitungan ARR ?

PT Maju Mundur mendapatkan proyek bangunan yang memerlukan initial investment (Biaya Investasi Awal) Rp 1 M. Diharapkan Pendapatan per tahun Rp 200 Juta per tahun dengan usia ekonomis selama 10 Tahun tanpa residu.  Berapa nilai ARR ?

Jawab :

Dik: Initial Investment : Rp 1M, Pendapatan : Rp 200 Juta/Tahun, Depresiasi : Rp 100 Juta/Tahun (1M/10 Tahun)

Maka ARR : Laba Tahunan Rata - Rata / Biaya Investasi Awal

 

Laba Tahunan     = (Pendapatan – Depresiasi)

                                = (Rp 200 Juta – Rp 100 Juta)

                                = Rp 100 Juta

 

ARR                       = Rp 100 Juta/ Rp 1 M

                                = 0,1 (10%).

 

Maka besarnya ARR pada Proyek PT Maju Mundur adalah 10%.

 

Semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan jangan lupa untuk terus dukung kami agar kami dapat terus memberikan informasi menarik dan bermanfaat lainnya tentang akuntansi, pajak dan investasi di postingan berikutnya.

No comments:

Post a Comment

Sebagai pengunjung blog yg baik jgn lupa y tinggalkan komentar, saran atau y itu gak usah dibilang agan2 semua tau kan, agar blog ini bisa terus memberikan informasi pada agan - agan semua.