Mengenal apa itu UMA dan Suspensi di Pasar Saham - Economics, Accounting, and Tax ( ECOTAX )

Terbaru

Monday, August 31, 2020

Mengenal apa itu UMA dan Suspensi di Pasar Saham

 Bagi kamu yang berkecimpung di dunia saham pasti tidak asing lagi dengan Unusual Market Activity (UMA) dan Suspend. Kadang kala ada saat seseorang trader ataupun investor yang membeli saham namun tidak lama kemudian mendapatkan peringatan Unusual Market Activity bahkan hingga suspensi. Usual Market activity pun hampir tiap hari bisa kita di dalam pasar saham. Lalu Apasih Unusual Market Activity dan Suspend itu & apa penyebab kejadian tersebut ?



Apa itu UMA ?

Usual Market Activity (UMA) adalah pergerakan naik ataupun turunnya harga saham yang tidak wajar di dalam jam perdagangan bursa saham.

Penyebab dikeluarkannya UMA ?

Peringatan UMA pada suatu saham dikeluarakan bursa efek jika menurut penilaian bursa efek perdagangan efek tersebut dapat berpotensi menggangu terselenggaranya perdagangan efek yang teratur, wajar dan efisien.

Penilaian ini salah satunya menurut mimin adalah adakala  dimana harga saham terus naik/turun signifikan namun  perusahaan tersebut tidak mengalami kejadian/perubahan signifikan di dalam perusahaan, jadi pelu diawasi mendalam mengenai alasan kenaikan/penurunan tersebut maka dikeluarkanlah UMA. Saat UMA dikeluarkan biasanya Bursa efek meminta para investor untuk memperhatikan 4 hal berikut ini :

a.       Memperhatikan jawaban emiten atas pemintaan konfirmasi Bursa.

Disini biasanya bursa menanyakan emiten/perusahaan adakah kegiatan yang dapat mempengaruhi harga saham perusahaan tersebut, seperti kerjasama, laporan keuangan, akusisi dan lain –lain yang mungin bisa mempengaruhi harga saham.

b.       Mencermati kinerja emiten dan keterbukaan informasinya

c.    Mengkaji kembali rencana aksi korporasi perusahaan, bila rencana itu belum mendapat persetujuan RUPS.

d.  Mempertimbangkan berbagai kemungkinan yang dapat timbul di kemudian hari sebelum melakukan pengambilan keputusan investasi.

Bisa dikatakan UMA merupakan peringatan dini sebelum saham tersebut dikenakan suspensi (pemberhentian perdagangan), namun tidak semua saham yang kena UMA sudah pasti kena Suspend.

Jadi, begitu mendengar adanya kabar saham emiten yang kamu pegang dinyatakan UMA, maka sebaiklnya langsung periksa kembali kabar-kabar mengenai perusahaannya. Boleh jadi kinerja masih baik dan UMA akan dicabut dalam waktu dekat akan tetapi ada pula kemungkinan yang cukup besar kalau kinerjanya bermasalah baru-baru ini hingga akhirnya dikenakan suspensi.

Tujuan UMA diumumkan oleh Bursa yaitu dengan untuk meningkatkan awareness (kesadaran) investor agar selalu menganalisis semua informasi yang tersedia. Hal itu penting untuk dilakukan agar tidak salah dalam bertransaksi atau memilih saham.

Mengecek informasi  peringatan UMA : Disini



Apa Itu Suspensi ?

Suspensi adalah dimana perdagangan saham suatu emiten diberhentikan sementera oleh bursa efek yang menyebabkan tidak bisanya melakukan transaksi jual – beli saham emiten tersebut hinggaa suspensi dicabut.

Jangka Waktu Pencabutan Suspensi ?

Pencabutan Suspensi sendiri memiliki jangka waktu yang berbeda – beda sesuai pelanggaran yang terjadi. Bisa saja suspensi dicabut dalam beberapa hari,bulan hingga tahun. Namun jika saat suspensi mencapai tahunan kemungkinan besar saham emiten tersebut akan delisting (dikeluarkan).

Maka dari itu seorang investor perlu memperhatikan informasi ini lebih serius untuk mencegah kemungkinan kesalahan dalam investasinya.

Penyebab terjadinya Suspensi ?

Ada beberapa penyebab suatu saham akan dikenakn suspensi. Berikutt ini beberapa penyebab dikeluarkannya suspensi oleh Bursa Efek :

a.       Usual Market Activity (UMA)

b.       Kesalah pencatatan Lapoarn Keuangan

c.        Adanya perbedaan pengumuman corporate action dengan kejadian sebenarnya.

d.       Gagal bayar utang/obligasi, baik bunga maupun pokok.

e.       Penyalahgunaan dana yang didapat dari IPO

f.         Insider Trading

 Mengecek informasi  peringatan Suspensi : Disini

Oke itu dulu pembahasan kali ini, semoga postingan tersebut dapat membantu kami untuk semakin peduli atas investasimu dpasar saham agar dapat memaksimalkan keuntungan dan meminimalisr kerugian. Karena kepedulianmu dan keinginanmu belajar yang membuat kamu dapat berhasil di pasar saham

No comments:

Post a Comment

Sebagai pengunjung blog yg baik jgn lupa y tinggalkan komentar, saran atau y itu gak usah dibilang agan2 semua tau kan, agar blog ini bisa terus memberikan informasi pada agan - agan semua.