Mengenal Apa itu Anggaran dan Contoh Anggaran - Economics, Accounting, and Tax ( ECOTAX )

Terbaru

Tuesday, September 8, 2020

Mengenal Apa itu Anggaran dan Contoh Anggaran

Anggaran (Budget) adalah sebuah proses yang dilakukan oleh organisasi/entitas untuk mengalokasikan sumber daya yang dimilikinya kepada kebutuhan-kebutuhan yang tidak terbatas (the process of allocating resources to unlimited demands). Anggaran dapat diartikan juga sebagai pernyataan mengenai estimasi kinerja yang hendak dicapai selama periode waktu tertentu dalam ukuran finansial.

Mengapa perlu di buat suatu anggaran ?

Dengan anggaran itu kita dapat melihat apa yang terjadi dimasa yang akan datang. Anggaran merupakan inti dari rencana kegiatan. Dengan anggaran kita kemungkinan besar dapat mencapai tujuan yang ingin kita raih. Sebagai contoh :

anggap saja kamu ingin mengumpulkan uang sebanyak Rp96 Juta dalam waktu 12 bulan, sedangkan gaji-mu perbulan adalah Rp 18 Juta,dengan kata lain kamu perlu menyisihkan pendapatan-mu sebesar Rp8 Juta/Bulan. pasti akan sulit untuk mencapai jika tanpa perencanaan, yang mana bentuk anggaran dari income dan  pengeluaran-mu mungkin seperti :

 



Seperti yang kamu lihat pada tabel anggaran pribadi diatas, anggaran dapat dikatakan sebagai suatu map yang menunjukkan tujuan mana yang ingin kita capai, yang pasti pada postingan ini tabel yang terbaik untuk mencapai tujuan kita  adalah tabel. d.

 

Begitu juga halnya dengan perusahaan, mereka perlu rencana yang baik untuk memaksimalkan pendapatan dan menimalisir beban, yang mana nanti rencana tersebut mereka tuangkan dalam bentuk suatu anggaran.

Anggaran perusahaan terdiri dari beberapa aspek yang harus diperhitungkan. Saat kamu membuat anggaran, pastikan memasukkan hal-hal ini di dalamnya:

a.       Anggaran Penjualan

b.       Anggaran Biaya Produksi

c.        Anggaran Biaya Admistrasi dan Umum, dll

 

Tanpa suatu anggaran kegiatan perusahaan mungkin akan memiliki beberapa masalah yang timbul salah satunya adalah pemborosan dana perusahaan. Maka itu suatu perusahaan harus memiliki sumber daya manusia yang mampu membuat anggaran dengan baik dan benar.

Jika kamu seorang calon pekerja, pekerja dan entrepreneur yang kurang memahami / sulit dalam membuat suatu anggaran mungkin link ini dapat membantu kamu untuk dapat membuat anggaran yang baik dan memuaskan ini.

Semoga informasi ini dapat berguna bagi kamu dan jika kamu memiliki kritik & saran jangan lupa untuk meninggalkan jejak di kolom kementar, agar kami dapat terus memberikan informasi bermanfaat dan menarik lainnya.

No comments:

Post a Comment

Sebagai pengunjung blog yg baik jgn lupa y tinggalkan komentar, saran atau y itu gak usah dibilang agan2 semua tau kan, agar blog ini bisa terus memberikan informasi pada agan - agan semua.