Alasan Kenapa Harus Investasi Saham ? - Economics, Accounting, and Tax ( ECOTAX )

Terbaru

Wednesday, September 9, 2020

Alasan Kenapa Harus Investasi Saham ?

Kamu yang bingung ingin berinvestasi di bidang apa mengingat kamu memiliki dana yang tak terpakai dan merasa tidak menarik jika hanya dijadikan tabungan, karena tingkat pengembalian rendah atau apapun alasannya. Mungkin Saham dapat kamu jadikan tujuan investasi-mu.

Kenapa Harus Saham ?

Beberapa alasan bahwa investasi saham cocok buat dirimu ?

1.       Hal yang perlu kamu pelajari lebih sedikit 

Bisa dikatakan jika kamu berinvestasi di saham kamu tidak terlalu banyak belajar daripada berinvestasi di properti. Ya dalam berinvestasi saham kamu hanya perlu belajar analisis fundamental jika kamu seorang investor dan belajar analisis teknikal jika kamu seorang trader.

Berbeda dengan investasi di bidang properti kamu perlu mengetahui (belajar) banyak hal seperti perpajakan, nilai wajar properti, memilih properti yang layak investasi, cashflow dan lain – lain.

2.       Likuid

Didalam investasi saham kamu juga bisa cepat keluar jika kamu merasa saham perusahaan yang kamu pegang sudah tidak cocok untuk lagi kamu koleksi dan masuk ke saham lainnya yang menurut kamu memiliki pertumbuhan yang menjanjikan.

Berbeda dengan properti setelah kamu membeli properti mungkin perlu beberapa waktu untuk kamu dapat menjualnya kembali.

3.       Tingkat Pengembalian Modal yang tinggi

Ya tingkat pengembalian modal pada saham termasuk  tinggi mulai 20% hingga 100%/ tahun jika kamu berinvestasi pada perusahaan yang baik secara fundamental. Pengembalian Modalmu bisa kamu dapatkan dari Dividen maupun Capital Gain.

Berikut ini contoh tingkat return saham :

 


Seperti yang kamu lihat seperti gambar diatas, pergerakan harga saham Unilever selama Bulan April 2020 hingga per 8 September 2020. Jika kamu membeli saham Unilever pada bulan april di kisaran 6.000/Lembar, maka harga saat ini ( 5 Bulan kemudian) sudah di harga 8.200/lembar dengan kata lain selama 5 bulan ini Saham unilever sudah mengalami kenaikan sebesar + 37 %.

 

Andaikan saat itu kamu membeli saham Unilever senilai Rp 12 Juta (2.000 lembar harga 6.000/Lembar) saat kamu menjualnya sekarang maka kamu mendapatkan capital gain dari saham unilever sebesar 4.400.000.  (2.000 x Rp 8.200 = 16.400.000), capital gain = 16,4 juta – 12 juta = Rp 4,4 Juta.

Namun ada juga saham perusahaan yang mengalami penurunan harga secara signifikan, yang mana biasanya saham ini adalah saham gorengan, maka dari itu kamu perlu belajar untuk dapat memutuskan saham yang layak kamu koleksi dan yang harus kamu hindari.

 

4.       Dapat dimulai dengan Modal kecil

Ya beberapa sekuritas memudahkan calon nasabah yang ingin berinvestasi di saham dengan membuka Rekening Dana Nasabah (RDN) hanya dengan menyetor dana Rp 100.000, kamu sudah dapat melakukan pemebelian saham di pasar saham.

Jika kamun ingin membuka RDN dengan modal Rp100.000 kamu dapat klik link ini,

Berbeda dengan properti, dimana kamu perlu modal yang besar untuk memulai berinvestasi di bidang ini. 

Apakah postingan diatas menarik minat-mu untuk berinvestasi di saham, jika iya maka disini mimin perlu mengingatkan kembali sebelum kamu mulai terjun kedunia saham, pertama belajarlah dengan baik dulu tentang analisis fundamental jika kamu ingin menjadi seorang investor ataupun analisis teknikal jika kamu ingin menjadi trader saham, sebab walaupun pasar saham memberikan tingkat return yang tinggi, pasar saham juga memiliki resiko yang tinggi jika kamu tidak memiliki pengetahuan tentang saham. Namun jika kamu tidak mempunyai waktu belajar maka pilihlah konsultan terbaik jika kamu tetap memutuskan berinvestasi di bidang ini.

 

Semoga postingan ini bermanfaat, jika kamu memiliki kritik & saran kamu dapat meninggalkan komentar agar kami dapat terus ,memberikan postingan – postingan yang bermanfaat dan menarik lainnya.

 

No comments:

Post a Comment

Sebagai pengunjung blog yg baik jgn lupa y tinggalkan komentar, saran atau y itu gak usah dibilang agan2 semua tau kan, agar blog ini bisa terus memberikan informasi pada agan - agan semua.