Wednesday, May 29, 2013

pasar oligopoli

PASAR OLIGOPOLI
Oligopoli ialah Suatu pasar yang dikuasai oleh beberapa perusahaan saja dalam suatu wilayah
Contoh : Industri Mobil di amerika,dimana dalam industi mobil di amerika serikat hanya terdapat perusahaan seperti ford,general motors,chrysler,cadillac dan chevrolet yang menguasai pasar mobil di amerika serikat,sedangkan produsen mobil yang berasal dari luar amerika serikat seperti honda,nissan,dan toyota dari jepang serta bmw,ferrari,mercedez – benz dari benua eropa hanya menguasai beberapa wilayah kecil dari amerika serikat.
Berikut ini dampak yang ditimbulkan :
·         Dampak negatif yang ditimbulkan :
a. Keuntungan yang terlalu besar bagi produsen dalam jangka panjang
b. Timbul inefisiensi produksi
c. Harga tinggi yang relatif stabil (sulit turun) menunjang inflasi yang kronis

yang mana maksud dari :
A.    Keuntungan yang terlalu besar bagi produsen dalam jangka waktu panjang.
Industri mobil di amerika serikat seperti ford dan general motors akan mendapatkan keuntungan yang besar karena industri tersebut yang menentukan harga,dengan kata lain jika seandainya general motors adalah price leader atau pembuat harga maka ford,chevrolet,dan chrysler akan mengikuti harga yang dibuat oleh general motors sehingga harga mobil dari 4 perusahaan tersebut relatif sama.sehingga memberikan mereka keuntungan yang lebih dari pada industri yang menggunakan sistem persaingan sempurnaa yang mana harganya ditentukan oleh permintaan dan penawaran.

B.     Timbulnya Inefisiensi Produksi
Efisiensi penggunaan sumber daya akan tercapai apabila ongkos marjinal sama dengan harga. Pada umumnya keadaan ini tidak di capaipada pasar oligopoly. Tetapi jika di pandang dari sudut skala ekonomis yang mungkin di peroleh, terdapat kemungkinan bahwa perusahaan oligopoly akan memproduksi barang dengan ongkos yang lebih rendah daripada perusahaan yang ada dalam persaingan sempurna. Terdapat rintangan yang kuat untuk dapat masuk ke pasar oligopoly, akan terjadi perang harga, dan produsen dapat melakukan kerjasama (kartel) yang pada akhirnya akan merugikan konsumen.

C.     Harga tinggi yang relatif stabil ( sulit turun ) menunjang inflasi kronis.
Harga mobil dari ford dan general motor dan lainya yang tergabung dalam oligopoli yang sulit turun membuat nilai dari mata uang akan semakin turun ( inflasi ) karena nilai mata uang tersebut tidak dapat lagi membeli mobil yang diinginkan.
Contoh : harga mobil ford pada bulan juli 2010 seharga $ 200,000 dan pada bulan agustus seharga $ 250,000 dan bulan bulan berikutnya harga mobil ford naik $ 5,000/bulan yang dengan itu membuat nilai uang yang ada pada bulan juli $200,000 tapi inggin membeli mobil tersebut bulan agustus menyebabkan terjadinya inflasi,sebab dari sistem pasar monopoli yang tidak mengenal harga turun melainkan harga naik.

Dampak positif yang ditimbulkan oleh oligopoli adalah

1.      Mendorong perkembangan teknologi dan inovasi.

   Struktur pasar ini yang paling memberikan dorongan terbesar dalam mengembangkan teknologi dan inovasi. Hal ini dikarenakan perusahaan mendapat untung yang lebih dari normal dan menekankan persaingan dimana sangat membahayakan kedudukan perusahaan dalam industry. Keuntungan yang lebih di sebabkan perusahaan baru sulit untuk memasuki pasar ini. Sehingga keuntungan lebih normal dalam berlangsung dalam jangka panjang dan perusahaan memiliki dana yang cukup untuk kepentingan melakukan riset dalam mengembangkan teknologi serta melakukan inovasi. Selain itu melakukan pengembangan teknologi dan melakukan persaingan dalam pasar ini, sebab perusahaan tidak mungkin melakukan persaingan dalam harga.

2.      Membuat konsumen bebas memilih produk yang sesuai kenginginanya yaitu dimana konsumen bebas memilih dari produk – produk yang tercipta dari inovasi dan teknologi industri mobil yang sesuai keinginanya dan kebutuhanya yang membuat konsumen puas.
























Contoh.2
Industri bensin di amerika serikat yang hanya dikuasai oleh beberapa perusahaan seperti exxon mobile,chevron,conoco phillips,shell oil company dan texaco yang menguasai pasar bensin di amerika serikat adapun industri bensin yang lainnya seperti petronas dan sinclair oil hanya menguasai beberapa wilayah yang kecil yang jauh dari wilayah industri bensin yang melakukan oligopoli.

Kelebihan dari oligopoli yang dilakukan industri bensin tersebut  antara lain sebagai berikut :
1. Terdapat sedikit pemjual karena memerlukan investasi besar
2. Penjual sedikit sehingga dapat mengendalikan harga


·         Maksud dari terdapat sedikit penjual bensin karena memerlukan investasi yang besar,yaitu dimana untuk masuk dalam pasar industri baru harus memiliki modal yang sangat besar sedangkan kita tahu jika industri baru biasanya tidak bisa memiliki modal yang langsung besar.

·         Penjual bensin sedikit sehingga dapat mengendalikan harga bensin,karena adanya industri bensin yang menjadi price leader ( pembuat harga ) sehingga harganya di ikuti oleh industri bensin lainya yang membuat terkendalinya harga bensin.
                    Kekurangan dari oligopoli yang dilakukan industri bensin tersebut antara lain
                     Sebagai berikut :
             
1. Terdapat rintangan yang kuat untuk masuk kepasar oligopoli kerena investasi tinggi
2. Industri bensin bisa kerjasama ( Kartel )
Kartel adalah suatu perjanjian resmi diantara beberapa perusahaan dalam oligopoli. Perjanjian tersebut menetapkan harga yang akan dibebankan seluruh perusahaan dan sering menetapkan kuota atau pangsa pasar dari berbagai perusahaan. Kartel adalah ilegal di sebagian besar negara-negara dunia. OPEC adalah contoh utama dari kartel. Dia timbul karena dia berada diluar pengendalian suatu negara individual

Maksud dari terdapat rintangan yang kuat untuk masuk ke pasar karena investasi adalah :
Dimana perusahaan yang ingin masuk ke industri minyak di amerika seperti pertamina harus memiliki investasi yang besar agar dapat bergabung dalam pasar,sedangkan jika investasi yang dimiliki kecil maka sinclair oil tidak dapat masuk ke pasar dan jikapun ia bisa masuk dia hanya akan dapat menguasai pasar bensi yang kecil yang tidak dimasuki oleh industri bensin yang tergabung dalam oligopoli tersebut.
Maksud dari industri bensin dapat berkerja sama ( kartel ) yaitu dimana industri bensin seperti exxon mobile,chevron,shell oil company,conoco phillips dan texoco melakukan perjanjian dalam menentukan kouta bensin kepasar dengan kata lain jika industri bensin tersebut setuju untuk membuat kouta yang lebih rendah dari permintaan pasar membuat harga bensin tersebut akan menjadi naik yang sesuai dengan hukum permintaan dimana “ jika persediaan terbatas dan permintaan tinggi membuat harga dari barang tersebut naik,dan sebaliknya “.

Dampak Negatifnya ialah :
  •   Keuntungan yang  yang  terlalu besar bagi produsen dalam jangka panjang
  •   Timbul inifisiensi produksi
Maksudya yang pertama  adalah dimana industri bensin tersebut mendapatkan keuntungan yang besar karena sedikitnya pesaing mereka dan harga bensin tersebut dapat dinaikan diatas harga sewajarnya sebab tidak adanya pesaing dan penguasaan mereka terhadap pasar yang membuat konsumen rugi.

Maksud dari yang kedua adalah

Efisiensi penggunaan sumber daya akan tercapai apabila ongkos marjinal sama dengan harga. Pada umumnya keadaan ini tidak di capai pada pasar oligopoly. Tetapi jika di pandang dari sudut skala ekonomis yang mungkin di peroleh, terdapat kemungkinan bahwa perusahaan oligopoly akan memproduksi barang dengan ongkos yang lebih rendah daripada perusahaan yang ada dalam persaingan sempurna. Terdapat rintangan yang kuat untuk dapat masuk ke pasar oligopoly, akan terjadi perang harga, dan produsen dapat melakukan kerjasama (kartel) yang pada akhirnya akan merugikan konsumen.

Dampak Positif :
1.      Pajak yang diterima pemerintah semakin besar akibat dari semakin tingginya pendapatan industri bensin yang tergabung dalam oligopoli
2.    melakukan penelitian dan pengembangan agar dapat mempertahankan konsumen
3.    lebih memperhatikan kepuasan konsumen,karena jika konsumen puas terhadap bensin yang disediakan membuat perusahaan akan tetap hidup dan mendapatkan keuntungan yang besar.


Contoh 3. Dimana industri pertelevisian yang membentuk dalam industri oligopoli seperti sony,polytron,LG,samsung,dan sharp yang menguasai pasar televisi yang membuat para pesaing potensial mereka terutama industri pertelevisian sangat sulit untuk memasuki pasar,jika industri pertelevisian itu masuk industri itu hanya menguasai sedikit pasar yaitu tempat yang tidak dijangkau oleh industri yang tergabung dalam oligopoli tersebut.
Dampak Positif :
                      1.  Pajak yang diterima pemerintah semakin besar akibat dari semakin tingginya      pendapatan industri pertelivisian yang tergabung dalam oligopoli
2.     melakukan penelitian dan pengembangan agar dapat mempertahankan konsumen
3.lebih memperhatikan kepuasan konsumen,karena jika konsumen puas    terhadap televisi yang disediakan membuat perusahaan akan tetap hidup dan mendapatkan keuntungan yang besar.
  Dampak negatif :
                      1.Keuntungan yang  yang  terlalu besar bagi produsen dalam jangka panjang
            2.Timbul inifisiensi produksi
Maksudya yang pertama  adalah dimana industri pertelevisian tersebut mendapatkan keuntungan yang besar karena sedikitnya pesaing mereka dan harga bensin tersebut dapat dinaikan diatas harga sewajarnya sebab tidak adanya pesaing dan penguasaan mereka terhadap pasar yang membuat konsumen rugi.

Maksud dari yang kedua adalah

Efisiensi penggunaan sumber daya akan tercapai apabila ongkos marjinal sama dengan harga. Pada umumnya keadaan ini tidak di capai pada pasar oligopoly. Tetapi jika di pandang dari sudut skala ekonomis yang mungkin di peroleh, terdapat kemungkinan bahwa perusahaan oligopoly akan memproduksi barang dengan ongkos yang lebih rendah daripada perusahaan yang ada dalam persaingan sempurna. Terdapat rintangan yang kuat untuk dapat masuk ke pasar oligopoly, akan terjadi perang harga, dan produsen dapat melakukan kerjasama (kartel) yang pada akhirnya akan merugikan konsumen

Masukan Emailmu Untuk Langganan Artikel Ecotax (Free):

Delivered by FeedBurner

No comments:

Post a Comment

Sebagai pengunjung blog yg baik jgn lupa y tinggalkan komentar, saran atau y itu gak usah dibilang agan2 semua tau kan, agar blog ini bisa terus memberikan informasi pada agan - agan semua.