Wednesday, November 12, 2014

Perbedaan Akuntansi dasar Kas dengan Akrual

Akuntansi dasar Akrual ( Accrual Basic of Accounting ) adalah dimana perusahaan mengakui ( dicatat ) pendapatan pada saat diperoleh tanpa memperhatikan kapan pendapatan tersebut diterima, demikian juga dengan beban diakui (dicatat) saat terjadi tanpa memperhatikan kapan beban tersebut dibayarkan.
Hal ini akan menghasilkan prinsip mempertemukan ( Matching Principles ) yang lebih baik antara pendapatan dan beban selam periode akuntansi dan biasanya menghasilkan laporan keuangan yang lebih akurat dalam mencerminkan posisi keuangan dan hasil – hasil usaha pendapatan.


      Akuntansi dasar Kas ( Cash Basic of Accounting ) adalah dimana pendapatan diakui (dicatat) ketika pendapatan itu diterima (dibayar tunai) bukan saat diperoleh, demikian juga dengan beban diakui (dicatat) ketika dibayar.
Sistem ini banyak diterapkan pada perusahaan yang tidak membutuhkan catatan ayat jurnal berpasangan secara lengkap. Misalnya perusahaan berskala kecil, badan usaha nirlaba, dan lainnya.


       FASB ( Financial Accounting Standard Board ) dalam statement No. 1 menyatakan “ bahwa akuntansi dasar akrual memberikan dasar yang lebih baik untuk pelaporan dibandingkan dengan informasi yang dihasilkan berdasarkan akuntansi dasar kas.

Masukan Emailmu Untuk Langganan Artikel Ecotax (Free):

Delivered by FeedBurner

No comments:

Post a Comment

Sebagai pengunjung blog yg baik jgn lupa y tinggalkan komentar, saran atau y itu gak usah dibilang agan2 semua tau kan, agar blog ini bisa terus memberikan informasi pada agan - agan semua.