Mengenal Apa itu Ekuitas dalam Laporan Keuangan - Economics, Accounting, and Tax ( ECOTAX )

Terbaru

Tuesday, September 15, 2020

Mengenal Apa itu Ekuitas dalam Laporan Keuangan

Secara umum, ekuitas dapat diartikan sebagai besaran hak yang harus dikeluarkan oleh pemilik usaha terhadap harta yang dimiliki perusahaan.

Sedangkan Menurut PSAK (2002) pasal 49, pengertian ekuitas ini ialah hak residual atas aktiva (aset) suatu perusahaan setelah dikurangi seluruh kewajiban (liabilitas). Dengan kata lain, ekuitas ini merupakan suatu perkiraan yang mencerminkan porsi hak atau juga kepentingan pemilik perusahaan terhadap harta perusahaan itu.

Ekuitas sendiri sering disebut modal karena merupakan harta yang dikeluarkan perusahaan untuk memenuhi operasional perusahaan yang nantinya harta tersebut mengalami residu atau pengurangan karena kewajiban yang harus dibayarkan seperti hutang dan beban.

Di dalam ekuitas terdapat 2 akun yang umum yaitu retained earning dan common share. Dimana dalam perubahan ekuitas biasanya dipengaruhi oleh kedua hal ini.

Sebagai Contoh dari kenaikan ekuitas :

Kenaikan ekuitas mungkin bisa disebabkan oleh retained earning (Laba ditahan) yang bertambah atau adanya tambahan modal dengan memperbanyak kepemilikan lembar saham di perusahaan.

Sebagai Contoh penurunan ekuitas :

Penurunan ekuitas mungkin bisa disebabkan oleh perusahaan mengalami kerugian usaha yang membuat retained earning (laba ditahan) berkurang atau adanya penurunan modal dengan memperkecil kepemilikan lembar saham di perusahaan.

Dalam Akuntansi terdapat persamaan   yaitu  Aset = Liabilitas + Ekuitas   atau Ekuitas = Aset – Liabilitas.

Dalam persamaan diatas dan pengertian ekuitas menurut PSAK, pasti kamu sudah memahami garis besar tentang ekuitas bukan ? dan bagaimana hak pemilik (dalam hal ini pemilik saham) seandainya perusahaan mengalami bangkrut / Pailit?

Disini mimin akan menjelaskan hal tersebut dengan contoh sederhana :

Gambaran Keuangan PT A:

 


 

*Cttan : Ekuitas merupakan milik 4 orang.

 

PT A dinyatakan Pailit, setelah dilakukan penilaian, Aset hanya dapat dijual seharga Rp 100 M. Maka 4 orang tersebut harus merelakan ekuitas (modal) mereka di perusahaan tersebut sebab semua penjualan aset untuk melunasi kewajiban (hutang) yang dimiliki oleh perusahaan tersebut. karena jika suatu perusahaan pailit maka aset perusahaan akan dijual untuk melunasi liabilitas (utang) jika perusahaan memiliki utang dan jika memiliki sisa setelah melunasi semua liabilitas (utang) maka sisa tersebut akan dibagi rata kepada 4 pemilik modal.

 

Semoga informasi diatas dapat membantu kamu mengenal ekuitas lebih baik, jangan lupa untuk terus dukung kami dengan memberikan kritik dan saran kalian agar kami dapat terus memberikan informasi bermanfaat dan menarik lainnnya.

No comments:

Post a Comment

Sebagai pengunjung blog yg baik jgn lupa y tinggalkan komentar, saran atau y itu gak usah dibilang agan2 semua tau kan, agar blog ini bisa terus memberikan informasi pada agan - agan semua.