Mengenal Apa itu DSO, DPO, DIO - Economics, Accounting, and Tax ( ECOTAX )

Terbaru

Friday, September 11, 2020

Mengenal Apa itu DSO, DPO, DIO

Bagi yang belum kenal apa itu DSO, DPO, DIO, mungkin setelah postingan ini kamu akan mengenal mereka dan mungkin menggunakan mereka di dunia usaha maupun investasi-mu. Perlu kamu ketahui ketiganya adalah paramater yang digunakan dalam Cash Conversion Cycle (CCC).

Apa itu Cash Conversion Cycle (CCC) ?

“ CCC adalah waktu yang dibutuhkan perusahaan mulai dari saat perusahaan mengeluarkan uang (modal kerja) untuk membeli bahan baku sampai dengan perusahaan mengumpulkan uang dari penjualan barang jadi. Secara teori, semakin pendek waktu yang diperlukan, semakin baik bagi perusahaan. Sebaliknya, semakin panjang waktu yang diperlukan, semakin lama modal dapat digunakan kembali  

Lalu mari kita mengenai 3 Parameter CCC ?

1. DSO (Days Sales Outstanding)

 

DSO atau  dalam bahasa indonesia dikenal sebagai hari edar penjualan adalah  metode pengukuran yang digunakan untuk mengetahui efisiensi pengelolaan piutang usaha suatu perusahaan atau bisa juga digunakan untuk mengetahui jumlah rata-rata hari yang diperlukan pelanggan untuk melakukan pembayaran.

 

Dihitung dalam satuan hari, yang mencerminkan waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan cash dari penjualan yang dilakukan secara kredit (piutang). Jika sebuah perusahaan memiliki jumlah hari perputaran piutang usaha menjadi cash lebih rendah dari perusahaan sejenis pada industri yang sama, maka perusahaan tersebut dapat dikatakan lebih kompetitif dalam industrinya dan memiliki likuiditas yang cukup untuk pengembangan usahanya.

 

Rumus Perhitungan :

 


 

2DPO (Days Payable Outstanding)

DPO atau dalam bahasa indonesia dikenal sebagai hari edar edar utang adalah metode pengukuran yang digunakan untuk mengetahui efisiensi pengelolaan utang usaha suatu perusahaan atau bisa juga digunakan untuk mengetahui jumlah rata-rata hari yang diperlukan perusahaan untuk melakukan pembayaran utang kepada supplier/vendor.

 

Dihitung dalam satuan hari, yang mencerminkan waktu yang dibutuhkan untuk membayar cash dari pembelian yang dilakukan secara kredit. Jika sebuah perusahaan memiliki jumlah hari perputaran utang usaha usaha menjadi cash lebih besar dari perusahaan sejenis pada industri yang sama, maka perusahaan tersebut dapat dikatakan lebih baik karna dapat menggunakan dana tersebut untuk menambah /mengalihkan ke modal kerja lain.

 

Rumus Perhitungan :

 


3. DIO (Days Inventory Outstanding)

DIO atau dalam bahasa indonesia dikenal sebagai hari edar persediaan adalah metode yang menunjukkan periode pemrosesan penjualan persediaan perusahaan. Periode pemrosesan yang terlalu lama dapat berarti bahwa terlalu banyak modal perusahaan yang terikat di dalam persediaan dan bisa menyebabkan barang-barang persediaan mengalami penurunan nilai harga.

 

Disamping itu, periode yang terlalu cepat juga bisa mengindikasikan bahwa perusahaan kekurangan dalam persediaan sehingga bisa berefek ke penurunan penjualan. Jika terdapat dua perusahaan memiliki kinerja yang sama, tetapi salah satunya memiliki perputaran persediaan lebih cepat daripada yang lain, maka dapat dikatakan bahwa perusahaan tersebut berprospek untuk tumbuh relatif lebih cepat.

 

Rumus Perhitungan :

 


 

Itulah pengenalan 3 Parameter CCC dimana dalam mencari CCC, kamu menggunakan rumus :

 


 

Parameter diatas mungkin dapat kamu gunakan jika kamu seorang investor untuk menemukan sebuah perusahaan dengan kualitas baik. Kamu perlu melacak CCC selama beberapa periode waktu (misalnya, 2 hingga 10 tahun), dan membandingkan kinerja CCC perusahaan tersebut dengan kompetitornya. Bagi kamu pelaku usaha kamu dapat menggunakan parameter ini untuk perkembangan usaha agar dapat berkembang lebih baik.

 

Semoga postingan diatas bermanfaat, jangan lupa untuk terus dukung kami dengan membagikan postingan ini atau memberikan komentar dan saran agar kami dapat terus memberikan informasi yang bermanfaat dan menarik lainnya dengan lebih baik.

No comments:

Post a Comment

Sebagai pengunjung blog yg baik jgn lupa y tinggalkan komentar, saran atau y itu gak usah dibilang agan2 semua tau kan, agar blog ini bisa terus memberikan informasi pada agan - agan semua.