Saturday, June 21, 2014

Derivatif



1.1   Pengertian
Derivatif adalah instrumen keuangan atau kontrak lain yang diturunkan nilainya dari pergerakan harga, tingkat suku bunga, dan nilai tukar valuta asing.

Resiko – resiko yang sering dihadapi perusahaan adalah sebagai berikut :
a.      Resiko Harga
Yaitu ketidakpastiaan mengenai harga asset di masa mendatang.

b.      Resiko Kredit
Yaitu ketidakpastiaan bahwa pihak lain dalam perjanjian akan memenuhi syarat dalam perjanjian.
c.       Resiko Suku Bunga
Yaitu keridakpastiaan mengenai suku bunga dimasa mendatang dan pengaruhnya terhadap arus kas dimasa mendatang.
d.      Resiko Nilai Tukar
Yaitu ketidakpastiaan mengenai nilai tukar valuta asing.

·         Hedging ( Melindungi Nilai )
Pembentukan struktur transaksi untuk mengurangi resiko. Derivatif digunakan sebagai alat untuk melindungi nilai wajar ( dimana perubahan nilai wajar derivatif akan menutupi perubahan nilai wajar asset dan liabilitas ), dan melindungi nilai atas arus kas ( dimana arus kas dari derivative menutupi variabilitas arus kas dari transaksi yang diramalkan).

1.2   Jenis – Jenis Derivatif.
Berikut ini adalah jenis – jenis derivatif :
           
a.       Swap, suatu kontrak antara 2 pihak yang sepakat untuk menukar pembayaran dimasa depan berdasarkan pergerakan harga atau rate yang disepakati bersama.
Jenis umum dari swap adalah Swap Suku Bunga ( Interest Swap Rate ).

b.      Forward, suatu perjanjian antara 2 pihak untuk mempertukarkan jumlah tertentu dari komoditas,surat berharga atau mata uang asing, pada tanggal tertentu di masa mendatang dengan harga atau nilai tukar yang ditetapkan saat ini.

c.       Future, suatu kontrak yang diperdagangkan pada suatu bursa yang memungkinkan perusahaan untuk membeli dan menjual suatu kuantitas tertentu dari komoditas atau surat berharga pada harga dan tanggal tertentu di masa mendatang.

d.      Opsi, suatu kontrak yang memberi hak kepada pemiliknya, dan bukan kewajiban untuk membeli atau menjual suatu asset pada harga tertentu selama suatu periode tertentu.


         # Tunggu  cara perhitungan dan jurnal akuntansi derivatif dan aktivitas lindung nilai disini minggu depan.

Masukan Emailmu Untuk Langganan Artikel Ecotax (Free):

Delivered by FeedBurner

No comments:

Post a Comment

Sebagai pengunjung blog yg baik jgn lupa y tinggalkan komentar, saran atau y itu gak usah dibilang agan2 semua tau kan, agar blog ini bisa terus memberikan informasi pada agan - agan semua.